• News

  • Nusantara

Aksi Heroik Polisi Ganjal Mobil di Tanjakan Kali Kenteng Berbuah Manis

Sikap sigap polisi membantu mobil pemudik yang mogok ditanjakan Kali Kenteng menuai pujian dari warganet.
Netz
Sikap sigap polisi membantu mobil pemudik yang mogok ditanjakan Kali Kenteng menuai pujian dari warganet.

JAKARTA, NNC - Sikap sigap polisi membantu mobil pemudik yang mogok ditanjakan tol Solo-Salatiga, Jawa Tengah, yang beredar di media sosial, menuai pujian dari warganet. Bagaimana tidak, dalam video yang berdurasi 1 menit itu, pada Sabtu (9/6/2018) sang polisi berlari membelakangi mobil yang sedang mogok, kemudian mengganjal ban mobil dengan alat yang digunakan untuk mengganjal mobil di jalanan saat menanjak.

Atas aksi heroiknya itu, sang polisi yang bernama Aiptu Joko Nur Wasito dianugerahi penghargaan oleh Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono. Aiptu Joko yang menyelamatkan mobil Daihatsu Ayla yang gagal menanjak itu mendapat penghargaan dengan sebutan "ganjal roda emas" serta mendapatkan piagam.

Penghargaan itu juga diberikan rekan Aiptu Joko Nur Wasito yaitu Ipda Wardoyo dan Bripda M Indra Saputra.

“Saya hanya mengerjakan apa yang sudah menjadi tugas saya. Waktu itu saya menggantikan pengemudi yang sedang panik sementara yang lain mengganjal rodanya, dan alhamdulillah tidak terjadi kecelakaan apa pun,” terang Aiptu Joko Nur Wasito usai terima penghargaan, seperti dilansir dari laman Tribratanews Jateng.

Aiptu Joko sendiri mengaku bangga akan apresiasi yang diserahkan langsung oleh Kapolda Jateng. Kesaksian Aiptu Joko, pada Sabtu lalu sebenarnya sempat terjadi peristiwa serupa hingga lima kali.

Selain ketiga anggota Kepolisian, penghargaan juga diserahkan kepada tiga pekerja asal PT Waskita, yakni Mustanir, Supri, dan Tukiman.

Kapolda Jateng mengatakan bahwa pemudik yang mengemudi kendaraan pribadi sebaiknya dilengkapi SIM, karena mempengaruhi faktor keselamatan mereka di jalan.

“Makanya kami berlakukan seleksi bagi kendaraan yang ingin melintas di sini, sebab tadi kami dapati ada kendaraan yang sekedar ingin lewat untuk melihat-lihat dan akhirnya kami suruh kembali. Kemarin pengemudi Alya ragu-ragu sehingga kami ambil alih,” jelas Kapolda.

“Namun berkat kesigapan dan kerja sama petugas semuanya bisa ditangani dengan baik,” imbuhnya.

Editor : Lince Eppang

Apa Reaksi Anda?