• News

  • Nusantara

Jalur Selatan Padat, Polisi Berlakukan Satu Arah di Kawasan Gentong

Ilustrasi kepadatan lalau lintas di jalur selatan kawasan Gentong, Jawa Barat.
Pikiran rakyat
Ilustrasi kepadatan lalau lintas di jalur selatan kawasan Gentong, Jawa Barat.

TASIKMALAYA, NNC  - Jajaran Kepolisian Resor (Polres) Tasikmalaya Kota untuk pertama kalinya memberlakukan sistem satu arah di kawasan Gentong perbatasan Kabupaten Garut dengan Tasikmalaya. Sistem ini terpaksa diterapkan mengingat terjadi kepadatan arus di jalur Selatan Jawa Barat, Rabu (13/6/2018).

Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Tasikmalaya Kota AKBP Febry Kurniawan Ma'ruf mengatakan, arus mudik sempat terjadi kepadatan di jalur Limbangan-Malangbong sehingga jajaran Polres Tasikmalaya memberlakukan satu arah untuk mengurai kendaraan di jalur itu.

"Selama ini jarang diterapkan satu arah, baru kali ini, biasanya sistem satu arah saat arus balik," kata Febry.

Ia menyampaikan, sistem satu arah itu diberlakukan selama 45 menit dari arah Garut menuju arah Ciamis, sedangkan arus kendaraan sebaliknya diberhentikan sementara.

Menurut dia, cara bertindak tersebut mampu mengurai kepadatan arus kendaraan di jalur Selatan wilayah Garut dan Tasikmalaya.

"Kami tarik kendaraan dari arah Barat untuk memperlancar kendaraan dari Barat supaya melaju cepat," katanya seperti dilansir Antara.

Jalur Gentong merupakan jalan nasional yang menghubungkan Garut-Tasikmalaya-Ciamis hingga menembus Jawa Tengah.

Jalur selatan tersebut sejak Rabu pagi terjadi kepadatan arus kendaraan dari arah Bandung menuju Tasikmalaya. Jalur tersebut memiliki titik kemacetan yakni adanya aktivitas pasar di Limbangan, Pasar Lewo, dan pertigaan Malangbong.

Editor : Nazaruli

Apa Reaksi Anda?