• News

  • Nusantara

Geram, Tri Rismaharini Putuskan Tangani Sendiri Siswa Putus Sekolah

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.
Fakta Pers
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.

SURABAYA, NNC - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini memutuskan untuk menangani sendiri persoalan siswa putus sekolah, baik tingkat Sekolah Dasar maupun Sekolah Menengah Pertama di Ibu Kota Provinsi Jawa Timur itu.

Tri Rismaharini di Surabaya, Minggu (19/8/2018), mengaku prihatin dengan adanya sejumlah temuan seperti siswa putus sekolah karena tidak bisa bayar sekolah, begitu juga dengan adanya ijazah anak ditahan sekolah karena penyebab yang sama.

"Jika membahas perihal anak-anak putus sekolah, saya membayangkan bagaimana jika nasib saya seperti mereka. Banyak sekali anak putus sekolah dari SMA," ujar dia.

Permasalahan tersebut diketahui Risma saat dirinya mendapat keluhan dari warga ketika melakukan kunjungan di kawasan eks-lokalisasi Dolly pada Maret 2018.

Saat itu, Risma menemukan banyak siswa yang menunggak pembayaran sumbangan pembinaan pendidikan (SPP) di beberapa sekolah di tingkat SD, SMP, dan SMK. Padahal sekolah tersebut diketahui sudah mendapat bantuan operasional pendidikan daerah.

Setelah mendapati hal itu, Risma memerintahkan staf Pemkot Surabaya untuk menutup semua kekurangan SPP di sekolah tersebut. Mengetahui hal itu, pihak sekolah langsung membebaskan kekurangan SPP yang dialami sejumlah siswa tersebut.

Persoalan seputar pendidikan itu juga disampaikan Risma saat acara Silaturrahmi Akbar Arek-Arek Suroboyo 2018 yang digelar Ormas Pemuda Surabaya (Pusura) di Taman Surya Kota Surabaya, beberapa hari lalu. 

Risma juga mengatakan pihaknya sudah menyiapkan pemahaman tentang budi pekerti kepada para siswa di tiap-tiap SD dan SMP di "Kota Pahlawan" itu.

"Namun, kami menganggap tidak semudah itu untuk mengubah karakter anak beserta orang tuanya," ujarnya dinukil dari Antara.

Untuk itu, pihaknya mengajak semua elemen masyarakat di Kota Surabaya untuk membantu menyukseskan program Pemkot Surabaya tersebut.

 

Editor : Widita Fembrian

Apa Reaksi Anda?