• News

  • Nusantara

Sempat Heboh, Puluhan Penari Kesurupan Massal saat Menari ‘Ratu Segara‘

Tarian Ratu Segara
dok.tanahlot
Tarian Ratu Segara

BALI, NNC -- Tarian sakral 'Ratu Segara' yang dibawakan oleh puluhan penari saat pembukaan Festival Tanah Lot ke-2 sempat membuat heboh pengunjung. Pasalnya, puluhan penari sempat mengalami kesurupan massal, di lokasi areal pantai Tanah Lot, Bali, Sabtu (19/8/2018).

Kesurupan massal itu sempat 'memecahkan' konsentrasi puluhan ribu pengunjung yang berada di objek wisata itu sejak Sabtu petang hingga malam.

Mereka yang mengalami kesurupan ini akhirnya dibopong dan diangkat ke luar bibir pantai oleh pemuka agama dan pecalang setempat untuk mencari lokasi penyembuhan guna menyadarkan sang penari.

Dilaporkan Antara, ribuan penari membawakan tarian 'Ratu Segara' dengan durasi 11 menit tersebut sebagai pembukaan festival yang berlangsung pada 18-20 Agustus 2018.

Sebanyak 1.800 pelajar SMA sejak sore sudah memadati bibir pantai untuk menghibur para wisatawan yang berlibur di objek tersebut.

"Tarian Ratu Segara dipentaskan dalam pembukaan Festival Tanah Lot kedua untuk menyeimbangkan dan menyelaraskan dengan alam semesta, sehingga aura negatif dapat dihapus dengan tarian sakral itu," kata Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti saat membuka festival itu.

Menurut dia, pementasan tari itu menjadi bagian tarian bakti suci kepada alam semesta, agar Bali tetap aman dan lestari. "Ya, tarian syukur, serta mempunyai tujuan ajegkan Bali dan jagat Nusantara," katanya.

Bupati wanita pertama di Pulau Dewata itu mengatakan tari sakral tersebut merupakan bentuk persembahan kepada Ratu Laut Selatan sekaligus untuk menarik minat wisatawan datang ke Pulau Dewata.

Editor : Tommy Satria Ismaya Cahya

Apa Reaksi Anda?