• News

  • Nusantara

Syafi‘i Ma‘arif: Hentikan Tuduhan Terhadap Presiden Jokowi bukan Islam

Mantan ketua Umum Muhammdiyah Syafi'i Ma'arif
Ngopi Bareng
Mantan ketua Umum Muhammdiyah Syafi'i Ma'arif

Berita Terkait

YOGYAKARTA, NNC - Joko Widodo adalah presiden Indonesia pertama yang mengunjungi Madrasah Muallimin-Muallimat di Yogyakarta. Lembaga pendidikan yang didirikan oleh Ahmad Dahlan, sang pembesut Muhammadiyah. 

Karena itu, publik diingatkan Jokowi adalah presiden yang menunjukkan kepedulian kepada umat Islam, termasuk kepada Muhammadiyah. 

Hal itu disampaikan Mantan Ketua Umum Muhammadiyah, Ahmad Syaf'ii Ma'arif, mengapresiasi kesediaan Presiden Joko Widodo berkunjung di lembag Pendidikan Islam tersebut, Kamis (6/12/2018).

"Jadi, hentikanlah tuduhan kepada  Presiden Jokowi bukan Islam. Kan sudah jelas," kata Syafii saat memberikan tausiah singkat dalam Milad Satu Abad Muallimin dan Mualliamat di Yogyakarta, Kamis, (6/12/2018).

Guru Besar Universitas Negeri Yogyakarta itu menjelaskan, Muallimin dan Muallimaat sudah berusia satu abad. Jumlah siswanya terus bertambah. Bahkan kampus yang ada kini tidak lagi mampu menampung animo masyarakat yang ingin menyekolahkan anaknya ke Muallimin dan Muallimat.

Diketahui, Yayasan lembaga pendidikan itu menyiapkan lahan di kawasan Sedayu, Yogyakarta, untuk dibangun kampus Muallimin dan Muallimat. Adapun, pembNgunN sarana pendidikan tersebut akan dibantu oleh BUMN .

Lanjut Buya Syafii, jika negara membantu Muhammadiyah melalui BUMN, harus dibaca sebagai tugas mencerdaskan kehidupan bangsa karena negara tidak bisa menangani sendiri.

Sebelumnya, Ketua Umum Muhammadiyah Haedar Nashir mengoreksi pernyataan Syafii yang keliru mengatakan pembangunan Kampus Mu'allimin akan dibangun tahun 2019, namun, yang benar adalah tahun ini (2018) bahkan pekan depan. Koreksi disampaikan langsung oleh Menteri BUMN Rini Soemarno.

"Kampus Mu'allimin akan dibangun pekan depan bukan tahun depan," ujar Rini.

Menurut Rini, Lembaga pendidikan tersebut telah menyiapkan lahan seluas enam hektare untuk membangun kampus Muallimat yang lokasinya tak jauh dari kota. Panitia pembangunan pun sudah ditetapkan, yakni Yunahar Ellias.

Reporter : Dominikus Lewuk
Editor : Firman Qusnulyakin

Apa Reaksi Anda?