• News

  • Nusantara

Hadiri Pelatihan OK OCE, Ini yang Dilakukan Sandiaga Uno

 Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 2, Sandiaga Uno (kiri)
dok.Istimewa
Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 2, Sandiaga Uno (kiri)

SURAKARTA, NNC - Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 2, Sandiaga Uno sebagai pendiri gerakan OK OCE, Minggu (30/12/2018), menyempatkan diri menghadiri pelatihan kewirausahaan yang diadakan OK OCE Prasasti.

Pelatihan kewirausahaan OK OCE Prasasti dilaksanakan di Wedangan Lawang Djoendjing Kadipiro Banjarsari, Surakarta, Jawa Tengah, diikuti oleh 200- an peserta dari wilayah Solo Raya dan sekitarnya.

Sandiaga Uno yang akan mendampingi Capres Prabowo Subianto dalam Pilpres 2019 mendatang itu memberikan motivasi kewirausahaan. Bahkan sebelumnya sempat menyaksikan dua kelas praktik pelatihan, yakni praktik membuat telur asin, dan pembuatan aneka sabun pembersih.

Melihat antusiasme peserta pada dua kelas praktik, Sandiaga menyemangati peserta untuk lebih serius lagi dalam mempelajari pembuatan sabun dan telur asin tersebut.

Setelah dua kelas praktik selesai, peserta kembali masuk kedalam ruangan, untuk mengikuti sesi terakhir pelatihan, yaitu motivasi kewirausahaan dari Cawapres Sandiaga Uno. Sandi mengapresiasi pelatihan kewirausahaan yang diadakan oleh OK OCE Prasasti.

"Pelatihan kewirausahaan seperti yang dilakukan OK OCE Prasasti ini sesuatu yang riil, masyarakat membutuhkan ini sebagai solusi masalah susahnya mendapatkan pekerjaan. Kalau sulit mencari kerja, ya wirausaha," kata Sandiaga dalam keterangan tertulisnya, Minggu (30/12/2018).

Tiga rumus utama sukses bisnis, sebagai motivasi usaha ala Sandiaga, yang dibagikan kepada peserta pelatihan, yakni Inovatif. Sebagai pebisnis harus mampu berinovasi.

Kedua, risk taking. Berbisnis harus berani mengambil resiko, tidak takut gagal. Melalui pelatihan kewirausahaan seperti ini, peserta akan mampu mengurangi resiko. Ketiga, pro-aktif, bersilaturahim, dan berjejaring.

Dalam bersilaturahim, setidaknya ada 2 keuntungan yang bisa peserta dapatkan, yakni umur panjang dan limpahan rejeki, ini yang disebutkan Sandiaga sebagai "The Power of Silaturahim"

Sementara Koordinator Nasional (Koornas) OK OCE Prasasti RH Victor Aritonang menambahkan, ratusan peserta pada latihan memperhatikan kiat-kiat bisnis yang disampaikan Cawapres Sandiaga.

"Kita harapkan, ilmu berwirausaha yang disampaikan Pak Sandiaga itu bisa ditularkan kepada rekan-rekan bisnisnya, sehingg para usahawan punya semangat dan motivasi yang sama memajukan usahanya," tutur Victor Aritonang yang juga Ketua Kadin Jakarta Pusat ini.

Reporter : Wahyu Praditya Purnomo
Editor : Tommy Satria Ismaya Cahya

Apa Reaksi Anda?