• News

  • Olahraga

Soal Rekor Kemenangan Beruntun, Marquez Lebih Baik dari Rossi

Valentino Rossi dan Marc Marquuez.
MotoGP
Valentino Rossi dan Marc Marquuez.

CERVERA, NNC – Sebuah rekor ditoreh juara dunia MotoGP 2017, Marc Marquez. Catatan istimewa itu menyoal kemenangan beruntun yang pernah didapat saat menjalani balapan di kelas premier.

Hebatnya, catatan Marc Marquez lebih baik daripada pebalap kawakan MotoGP, Valentino Rossi.

Selama era MotoGP, yakni sejak 2002 sampai sekarang, perubahan terjadi cukup signifikan. FIM menetapkan peralihan mesin dari 800 cc ke 1000 cc (kelas utama), 600 cc (kelas Moto2), dan 250 cc (kelas Moto3) pada 2012 lalu.

Perubahan ini menelurkan pebalap hebat selain Valentino Rossi, yakni Marc Marquez. Perjalanan karier “The Baby Alien” di dunia balap sangat mengesankan, sebab dia hanya membutuhkan waktu singkat untuk meraih popularitas.

Memulai kariernya pada 2008, Marquez sudah berhasil menggondol dua gelar juara hanya dalam waktu lima tahun. Juara tersebut didapat sewaktu masih berada di kelas 125 cc (2010) dan Moto2 (2012).

Kerja kerasnya itu ternyata mendapat perhatian serius dari tim Repsol Honda. Tim Honda pun mengajak Marquez untuk naik kelas ( MotoGP) pada 2013.

Keputusan yang dibuat Pabrikan Jepang tidak salah, karena pemilik nomor 93 mampu meraih empat gelar juara dunia ke kampung halamannya di Cervera, Spanyol.

Prestasi yang sangat membanggakan bagi rekan setim Dani Pedrosa itu terjadi pada 2014 lalu. Saat itu Marquez sukses mencetak 10 kemenangan secara beruntun.

Secara total, dia mengemas 13 kemenangan dan itu menjadikannya sebagai pembalap dengan torehan podium pertama terbanyak dalam semusim. Hingga saat ini catatan apik Marquez belum terputus.

Valentino Rossi yang sudah dikenal sangat berpengalaman di dunia balap motor hanya mampu mencetak tujuh kemenangan beruntun dan itu terjadi pada 2002 atau saat era baru MotoGP baru dimulai.

Berikut Pengoleksi Kemenangan Terpanjang MotoGP dalam Semusim

1. Marc Marquez: 10 Kemenangan (2014)

2. Valentino Rossi: 7 Kemenangan (2002)

3. Jorge Lorenzo: 4 Kemenangan (2015)

 

 

Editor : Widita Fembrian

Apa Reaksi Anda?