• News

  • Olahraga

Pelatih Ganda Putra: Hasil di Piala Asia Jadi Rujukan Mentas di Piala Thomas

Pelatih sektor ganda putra, Herry Iman Pierngadi.
PB Djarum
Pelatih sektor ganda putra, Herry Iman Pierngadi.

JAKARTA, NNC - Kejuaraan Bulutangkis Asia 2018 yang akan berlangsung di Wuhan, Tiongkok pada 24-29 April 2018, akan menjadi penilaian bagi tim ganda putra terkait persiapan menuju Piala Thomas 2018. Demikian diungkapkan oleh kepala pelatih sektor ganda putra, Herry Iman Pierngadi, dalam keterangan resmi PBSI kepada media, Selasa (17/4/2018).

Indonesia mempunyai empat wakil ganda putra di Kejuaraan Asia 2018 yakni Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Angga Pratama/Rian Agung Saputro dan Berry Angriawan/Hardianto.

"Tes terakhir ada di Kejuaraan Asia. Turnamen ini jadi patokan akhir, bukan penentu ya, beda lho. Kalau penentu itu pasti, artinya siapa yang terbaik di Kejuaraan Asia itu pasti masuk tim, kalau patokan ya kita lihat lagi. Penilaian ini sudah berjalan dari awal tahun, pada turnamen di Malaysia, Indonesia, India, Jerman, Inggris dan Asia Team Championships di Malaysia," kata Herry.

Keempat ganda yang diturunkan di Kejuaraan Asia bisa dibilang adalah yang terbaik di bawah pasangan ganda putra nomor satu dunia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo yang absen karena Marcus baru saja melangsungkan pernikahan pada 14 April.

Untuk Piala Thomas, posisi pasangan gaek Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan sepertinya aman lantaran coach Herry IP menganggap pengalaman keduanya dibutuhkan oleh tim. Selain itu, Hendra/Ahsan juga bermain cukup apik dalam Kejuaraan Beregu Asia beberapa waktu lalu.

"Karena dalam event beregu, pengalaman mereka sebagai senior memang penting untuk tim," tutur Herry.

Satu slot ganda putra sudah hampir pasti diamankan pasangan Marcus/Kevin. Setelah beberapa kali absen latihan demi mempersiapkan hari pernikahannya, Marcus akan kembali latihan pada pekan depan.

Meskipun demikian, absennya Marcus dipandang Herry bukanlah suatu masalah bagi pasangan yang dijuluki pemain putra terbaik tahun 2017 oleh Federasi Bulutangkis Dunia (BWF).

"Mau diuji bagaimana lagi?,” kata Herry sembari tertawa. “Ya tinggal dijaga saja kondisinya, mereka sudah membuktikan penampilan di beberapa turnamen. Mungkin setelah married mainnya lebih terbang-terbang, karena kan happy sudah menikah, ini bisa saja," tambahnya.

"Pekan depan Marcus sudah balik latihan kok. Saya kasih waktu satu minggu, dia mau bulan madu dulu ke Labuan Bajo. Kalau Kevin tetap latihan terus seperti biasa," ucapnya.

Di Kejuaraan Asia 2018, tim Indonesia juga mengirimkan beberapa pemain top dunia seperti Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, Greysia Polii/Apriyani Rahayu dan lainnya.

 

Reporter : Dimas Elfarisi
Editor : Widita Fembrian

Apa Reaksi Anda?