• News

  • Opini

Hadiah Terindah Untuk Ibu, ‘Selamat Hari Ibu’

Semua orang wajib memuliakan kaum ibu
inovasee
Semua orang wajib memuliakan kaum ibu

JAKARTA, NNC - Ibu adalah sosok wanita berharga dan paling berjasa dalam hidup setiap manusia di bumi. Tak ada manusia di dunia yang lahir dari belahan batu. Semua lahir dari rahim suci  sang ibu.

Ironisnya, kita kerap kurang sadar akan kesucian rahim ibu dan mengkhianati keagungan dan kebesaran Sang Ibu. Tak jarang kita lupa akan jasa ibunda, bahkan menyakiti kaum ibu.

Ingat, sebelum melahirkan dengan taruhan nyawa, ibu sudah dengan susah payah, penuh kehati-hatian mulai dalam kandungan 9 bulan hingga melahirkan. Kemudian ibunda begitu telaten dalam merawat, mengasuh, dan membesarkan dengan kelembutan dan penuh cinta dan kasih sayang.

Karena itu, betapa pantasnya kita  menghormati, mendoakan, dan menjelmakan seluruh sikap dan perilaku kita demi kebahagiaan Sang Ibu. Intinya, menjadi kewajiban bagi kita untuk memberikan yang terbaik untuk ibunda.

Dalam hal ini sungguh indah apabila kita memosisikan ibu kita dan kaum ibu di bumi pada posisi sentral dengan menjadikan satu hari sebagai momentum indah untuk menghormati dan memuliakan Sang Ibu.

Kisah Hari Ibu

Di Indonesia, pemerintah secara serempak menandai tanggal 22 Desember sebagai hari Ibu. Awal mulanya, pada tanggal tersebut di tahun 1928 diadakan Kongres Wanita pertama, bertempat di Yogyakarta dengan tujuan untuk melihat dan menghargai peran kaum ibu secara lebih luas.

Kemudian, tanggal 22 Desember tersebut ditetapkan sebagai Hari Ibu dan dirayakan secara nasional. Hal ini pun terjadi, karena masyarakat melihat perayaan hari Ibu atau Mother's Day di Amerika dan sejumlah negara lain yang dirayakan pada pekan kedua bulan Mei.

Selain Amerika, ada puluhan negara lain juga menetapkan satu hari untuk menghormati para ibu. Negara-negara tersebut adalah  Australia, Kanada, Jerman, Italia, Jepang, Belanda, Malaysia, Singapura, Taiwan dan Hong Kong.  

Apa hadiah terindah untuk Hari Ibu?

Ekspresi menghormati ibu pada hari ibu memang dilakukan beragam cara, tergantung kreativitas anak-anak dan para suami.

Biasanya, para ibu pada hari tersebut tidak diperkenankan oleh anak-anak dan suami mengerjakan semua pekerjaan domestik. Pekerjaan tersebut diambil alih oleh anak-anak dan suami.

Pada hari ibu, sang ibu diizinkan beristirahat sambil bersantai dengan melupakan setiap pekerjaan dan permasalahan yang mengganggunya. Bersenang-senang, berkumpul bersama keluarga, serta memperoleh hadiah dari orang-orang terkasih tentunya akan menambah makna Hari Ibu.

Tentu hal yang paling biasa adalah mempersiapkan hadiah atau kado istimewa untuk diberikan kepada ibunda. Namun, saat memberikan kado sebaiknya kita memerhatikan dan menyesuaikan apa yang dibutuhkan orang yang kita tuju.

Begitu pula halnya dengan hadiah di hari Ibu. Kado yang kita berikan bisa barang-barang yang diperlukan oleh ibu kita sehari-hari, misalnya home decor, perlengkapan masak, aksesoris, dan sebagainya.

Banyak referensi yang menyebutkan bahwa salah satu hadiah spesial untuk ibu adalah voucher liburan bersama. Selain itu, pilihan lainnya adalah dengan membawa si ibu ke spa atau salon untuk memanjakan dirinya.

Namun, jika istri atau sang ibu adalah wanita yang masih bekerja, maka kepadanya bisa diberikan barang-barang untuk kebutuhannya bekerja, seperti tas, tumbler, atau sepatu.

Ucapan Mutiara Terindah untuk ibu

Selebihnya, apa spesialisasi dari tulisan ini sebagai hadiah untuk hari ibu? Di sini akan dirunutkan sejumlah ucapan mutiara yang secara spesial disenandungkan untuk para ibu dengan menyaringkan dan mengelaborasinya dari berbagai sumber sebagai ungkapan terima kasih untuk ibunda.

Ucapan mutiara spesial untuk ibu antara lain:  

Tiada bunga secantik dirimu, tiada dinding yang sekokoh tekadmu. Kelembutan dan kekuatan dalam satu hati yang lapang. Itulah dirimu, Ibu.

Tak ada sutra selembut belaianmu. Tak ada tempat senyaman pangkuanmu. Tak ada jalan yang paling indah selain yang dilalui oleh tapak kakimu.

Ibu adalah cinta abadi dan sempurna. Tak ada cinta di dunia ini yang seindah cintamu, Ibu. Cintamu mengalirkan kehidupan dalam diriku, sedari dulu, kini dan nanti.

Dipelukanmu kurebahkan diriku yang putus asa didera kejamnya dunia. Dipelukanmu pula kutemukan kekuatan untuk meneruskan perjalanan hidupku.

Kau panggul beban dunia ini sejak awal hingga akhir kehidupanmu. Di sini aku hanya bisa melihat tanpa bisa meringankan bebanmu. Ibuku sayang, semoga kau dapatkan tempat terbaik di dunia dan akhirat.

Bumi telah menua, tapi surya tak berhenti menerangi dunia. Waktu terus berjalan, tapi keindahan cintamu tak pernah berubah. Namamu akan selalu kukenang dalam hati, bagaikan nyala lilin yang menerangi hari-hari tergelapku.

Ibu, kau adalah matahari di hari-hariku, angin di langitku, ombak di lautanku, detak dalam jantungku. Dunia tak lagi indah ketika kau pergi dariku, Ibu.

Di malam-malam hitam tanpa dirimu seperti saat ini, kubisikkan doa untuk mengenangmu. Menjadi ibu sebaik dirimu, hanya itulah yang bisa kulakukan sebagai bukti cintaku padamu.

Darah dan airmataku mungkin tak akan sebanding dengan darah dan airmatamu, Ibu.

Terima kasih telah menjagaku selama ini. Ibu, tanpa kenal lelah kau telah menggendongku, menyuapiku dan menuntunku sepanjang hidupku.

Jika ada hari untuk membalas segala sesuatu yang telah diberikan Ibu kepadaku, maka ku berharap setiap hari adalah Hari Ibu.

Di antara semua karunia Tuhan, dirimulah yang paling berharga dan terindah dalam hidupku. Hanya Tuhan saja yang bisa membalas semua cintamu.

Ibu, engkau adalah pribadi sempurna di mataku. Engkaulah segalanya! Selamat Hari Ibu.

 

Penulis : Thomas Koten
Editor : Taat Ujianto
Sumber : Dari berbagai sumber

Apa Reaksi Anda?