• News

  • Pendidikan

Legislator Berharap UNBK 2018 Lebih Baik dari Sebelumnya

UNBK 2018 diharapkan lebih baik dari sebelumnya.
UNBK
UNBK 2018 diharapkan lebih baik dari sebelumnya.

JAKARTA, NNC – Pihak-pihak terkait di provinsi diimbau mempersiapan lebih matang lagi untuk pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer ( UNBK) tahun 2018.

Anggota Komisi IV Bidang Kesra DPRD Kalimantan Selatan Misri Syarkawi, mengatakan pada prinsipnya DPRD sependapat dan mendukung UNBK, tetapi untuk itu perlu persiapan yang lebih matang agar tidak menimbulkan permasalahan, baik dalam pelaksanaan maupun pascaujian tersebut.

"Kita tidak mengingingkan tujuan UNBK yang baik itu justru sebaliknya atau menjadi bumerang," lanjut alumnus Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Banjarmasin itu.

Oleh sebab itu, perlu persiapan sebaik-baiknya untuk pelaksanaan UNBK dalam berbagai aspek, antara lain mengenai sumber daya manusia (SDM), baik dari pihak sekolah maupun peserta didik yang mengikuti ujian tersebut.

Selain itu, peralatan komputer, hubungan internet serta ketersediaan/stabilitas aliran listrik, tutur wakil rakyat dari Partai Golkar asal daerah pemilihan Kalsel VII/Kota Banjarbaru dan Kabupaten Tanah Laut (Tala) tersebut.

"Kalau memang belum betul-betul siap, jangan paksakan UNBK tersebut, karena hasil bisa tidak maksimal atau kurang menggembirakan," ujar Misri Syarkawie.

Menurut dia UNBK harus pada sekolah yang betul-betul siap dalam segala aspek. Sedangkan bagi belum siap biar ujian nasional (UN) dengan cara terdahulu dengan sistem menulis pada lembaran kerja.  Hal lain yang tidak kalah pentingnya, yaitu mengenai soal atau lembar jawaban jangan sampai salah atau tertukar dan kurang, karena mempengerahui kesiapan peserta UN.


Editor : Sulha Handayani

Apa Reaksi Anda?