• News

  • Pendidikan

Sekolah Insan Cendikia Dibuka Kembali, Masyarakat Antusias Daftar

Sekolah Insan Cendikia dibuka kembali, masyarakat antusias daftar.
Matrikulasi
Sekolah Insan Cendikia dibuka kembali, masyarakat antusias daftar.

PEKANBARU, NNC - Animo masyarakat untuk sekolah di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendikia (IC) di Desa Perawang, Kabupaten Siak, Provinsi Riau, tinggi. Hingga untuk tahun ketiga dibuka lagi penerimaan siswa baru sebanyak 96 orang.

Kepala Kanwil Kemenag Riau, Ahmad Supardi Hasibuan, mengatakan MAN IC di Kabupaten Siak merupakan model madrasah unggulan di Indonesia bertujuan mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas di bidang keimanan dan ketaqwaan serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.
Menurut dia, di MAN IC Siak sudah berjalan hingga kelas II sedangkan penerimaan siswa baru tahun ajaran 2018/2019 telah dibuka pendaftaran secara online atau daring pada 1 - 28 Februari 2018.

Ia mengatakan, pendaftaran secara online ini bertujuan agar jangkauannya luas, bisa diakses oleh siapa saja. Pendaftaran MAN IC dan MAN PK tetap mengikuti prinsip transparansi, akuntabel dan objektif.

"Selain putra daerah, seleksi penerimaan siswa baru MAN IC juga terbuka untuk menerima calon peserta didik dari luar negeri. Secara khusus Pemerintah menegaskan bahwa langkah ini merupakan salah satu usaha penting untuk mewujudkan visi pendidikan Islam di Indonesia sebagai destinasi atau kiblat studi Islam dunia," tutur Supardi, Sabtu (3/2/2018).

Sekolah MAN Insan Cendikia adalah salah satu sekolah berkualitas yang diprogramkan oleh BJ Habibie di Serpong dan Gorontalo. Pada awalnya sekolah ini telah diserahkan pengelolaannya ke Kementerian Pendidikan Nasional, namun ditolak. Kemudian diambil alih oleh Kamenag RI untuk diteruskan jajaran Kemenag di daerah.

Supardi menjelaskan, MAN IC selain di Riau juga sudah dibuka di Serpong, Gorontalo, Jambi, Aceh Timur, Ogan Komering Ilir, Paser, Kota Pekalongan, Bangka Tengah, Padang Pariaman, Kota Batam, Bengkulu Tengah, Tanah Laut, Sambas, Kota Kendari, Kota Palu, Sorong, Tapanuli Selatan, Lombok Timur, Halmahera Barat, Gowa dan Pasuruan.

Selain pendidikan agama, katanya, MAN IC di Riua juga membekali anak didik dengan pengetahuan yang tinggi, dan tahun 2019 akan ada lulusan pertama.

"Untuk menampung siswa baru, MAN IC akan menambah ruang kelas dan sarana prasarana lainnya dengan anggaran sebesar Rp1 miliar. Sekolah MAN IC Riau berada di Desa Perawang Barat, Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak, dibangun sejak 13 September 2013, di atas lahan seluas 10 hektare hibah Pemerintah Kabupaten Siak," jelas Supardi.

Editor : Sulha Handayani

Apa Reaksi Anda?