• News

  • Pendidikan

Rumor UNBK Matematika Akan Diulang 17 April Mendatang, Ini Kata Kemendikbud

SMK 29 Jakarta sedang mengikuti UNBK
NNC/Anhar Rizki Affandi
SMK 29 Jakarta sedang mengikuti UNBK

JAKARTA, NNC - Baru-baru ini ada rumor beredar yang menyatakan bahwa Ujian Nasional Berbasis Komputer ( UNBK) Mata Pelajaran (Mapel) Matematika tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) akan diulang pada Selasa (17/4/2018) mendatang.

Rumor yang beredar tersebut berupa foto dengan tampilan menyerupai laman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Selain itu, pada foto yang beredar juga bertuliskan kata-kata yang cukup meresahkan peserta UN dengan warna putih dan dasar merah yakni "KEMENDIKBUD KALAU MAU NGELUCU JANGAN BERCANDA DONG".

Menanggapi hal tersebut, Kemendikbud melalui media sosial (medsos) resmi Twitternya @Kemdikbud_RI menyatakan bahwa rumor yang beredar itu bohong atau hoax.

"#SahabatDikbud, foto yg memberitakan akan diulangnya UNBK matematika adalah hoaks. Bisa dicek di https://t.co/SUzOVvRSQE https://t.co/ihOJJmUvge," cuit akun @Kemdikbud_RI , Rabu (11/4/2018).

"Saya juga tidak mau kalau disuruh ngulang. Pusing sekali saja. Toh soalnya pasti juga ribet. Terima saja nilai nya. Walaupun sebenarnya benci banget karena ada yang ngefoto soal pas tes trs ditanyakan. Kan jadi nyebar #SahabatDikbud," cuit akun @Fadhillanila.

"Baguslah kalau gak ada acara ngulang lagi, kita juga perlu fokus SBM apalagi sistem SBM juga ada yang baru .. masalah nilai jelek gaknya terima aja, toh juga UNBK buat ngukur seberapa kemampuan kita selama 3 tahun dan gak bakal ngurangin niat kita sukses diSBM*emoji*," cuit akun @BlueCrystal99.

"Iya udah pak bagus gausa diulang gapapa. Saya mau fokus buat sbm," cuit akun @akujadimabaptn.

Untuk diketahui, Ujian Nasional (UN) jenjang SMA/MA diselenggarakan pada tanggal 9 April sampai dengan 12 April 2018, dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan mata pelajaran pilihan jurusan.

Sebanyak 1.812.565 atau 91 persen siswa jenjang pendidikan SMA dan Madrasah Aliyah (MA) di 18.353 sekolah mengikuti UNBK.

Berdasarkan data yang masuk pada Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemendikbud sampai dengan tanggal 9 Maret 2018, terdapat 16 Provinsi yang 100 persen menyelenggarakan UNBK SMA, yakni Banten, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Aceh, Bangka Belitung, DI. Yogyakarta, DKI. Jakarta, Gorontalo, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Lampung, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan, Jawa Timur, dan Sulawesi Tengah.

Tahun ini masih terdapat 171.003 peserta atau 9 persen SMA/MA pada 2.790 sekolah yang mengikuti Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP).

Sebelumnya, Inspektur Jenderal Kemendikbud, Daryanto juga berharap seluruh pelaku pendidikan, baik sekolah, keluarga, dan masyarakat dapat bersama-sama menyukseskan penyelenggaraan UN. “Khusus kepada para siswa, tetap fokus pada ujian, dan jangan percaya dengan adanya isu-isu bocornya soal UN atau adanya kunci jawaban UN,” pesan Daryanto.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Wulandari Saptono

Apa Reaksi Anda?