• News

  • Pendidikan

Penting Bagi Perguruan Tinggi Sertifikat Pendidik, Bukti Kapabilitas Dosen

Lima dosen UBSI Pontianak kembali menerima sertifikat pendidik dosen.
istimewa
Lima dosen UBSI Pontianak kembali menerima sertifikat pendidik dosen.

JAKARTA, NNC - Salah satu tolak ukur mutu perguruan tinggi ditentukan oleh kualitas dan kapabilitas para dosen pengajar. Untuk mengetahui kualitas dan kapabilitas dosen, standar penilainnya adalah dengan kepemilikan sertifikat dosen.

Demikian disampaikan Rektor UBSI Dr. Mochamad Wahyudi, MM, M.Kom, M.Pd, Selasa (8/1/2019). Menurut dia, sertifikat pendidik yang diberikan kepada dosen melalui proses sertifikasi adalah bukti formal pengakuan terhadap dosen sebagai tenaga profesional pada jenjang pendidikan tinggi.

Pada tahun 2018,  lima dosen Universitas Bina Sarana Informatika ( UBSI) Pontianak kembali menerima sertifikat pendidik dosen. “Semoga dengan menerima sertifikat pendidik dosen ini, dosen-dosen UBSI Pontianak dapat menunjukkan kinerja yang lebih baik lagi. Terutama dalam melaksanakan tri dharma perguruan tinggi,” harapnya dalam keterangan pers yang diterima NNC, di Jakarta.

Selain itu, Wahyudi menambahkan, diharapkan penerimaan sertifikat pendidik dosen ini dapat memberikan motivasi para dosen untuk melanjutkan studinya dan mendapat gelar doktor. “Sehingga bisa cepat menjadi guru besar," tandasnya.

Wahyudi menyampaikan bahwa saat ini hingga lima tahun kedepan kebutuhan dosen UBSI yang bergelar doktor sangat diperlukan. Tentunya, ini dapat menunjang peningkatan kualitas dan kapabilitas dosen yang berada di lingkungan UBSI.

Sementara itu, Naba Aji Notoseputro, Pengurus Yayasan Bina Sarana Informatika (BSI) mengatakan, pihak Yayasan BSI selalu memberikan dukungan penuh dan fasilitas kepada para dosen di lingkungan UBSI untuk mengusulkan mendapatkan sertifikat pendidik dosen.

“Selain itu juga, Yayasan BSI memberikan beasiswa kepada para dosen UBSI yang berprestasi untuk melanjutkan studinya dan mendapatkan gelar doktor. Langkah ini sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas dan kapabilitas para dosen di lingkungan UBSI,” ujar Naba.

Editor : Wulandari Saptono

Apa Reaksi Anda?