• News

  • Pendidikan

Program Studi Penyiaran Jadi Idola Bagi Calon Mahasiswa Baru

Bidang penyiaran menjadi suatu pilihan yang paling banyak dicari oleh calon mahasiswa.
istimewa
Bidang penyiaran menjadi suatu pilihan yang paling banyak dicari oleh calon mahasiswa.

JAKARTA, NNC - Di era revolusi industri 4.0 saat ini peluang kerja di bidang penyiaran menjadi suatu pilihan yang paling banyak dicari. Banyaknya jumlah stasiun televisi dan televisi kabel yang semakin bersaing, semakin banyak pula sumber daya manusia yang dibutuhkan pada bidang penyiaran. Tentunya, ini menjadi peluang dan kesempataan bagi lulusan program studi penyiaran untuk berkarir di bidang penyiaran.

Tak heran, saat ini program studi penyiaran menjadi idola bagi calon mahasiswa untuk berkuliah di program studi penyiaran. Tidak sedikit universitas di Indonesia memiliki program studi penyiaran di Fakultas Ilmu Komunikasi. Seperti, Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI), yang memiliki Fakultas Ilmu Komunikasi dan Bahasa yang menaungi lima program studi, salah satunya program studi penyiaran. Selain itu, juga ada program studi Ilmu Komunikasi, Hubungan Masyarakat, Periklanan, Sastra Inggris dan Bahasa Inggris.

Naba Aji Notoseputro, Pengurus Yayasan Bina Sarana Informatika (BSI) mengatakan, bahwa di Fakultas Komunikasi dan Bahasa, program studi penyiaran menjadi program studi yang amat diminati bagi calon mahasiswa UBSI.

Menurut Naba Aji, bahwa program studi Penyiaran memiliki banyak peluang kerja yang sangat menjanjikan. Prospek kerja ilmu komunikasi paling banyak dicari. Para lulusan ilmu komunikasi bisa mengambil peluang kerja sebagai produser, sutradara, fotografer, kameraman, jurnalis, penulis, reporter, penyiar radio, event organizer dan pembaca berita.

“Dengan melihat peluang kerja yang begitu besar dan pendapatan yang menjanjikan, program studi penyiaran menjadi program studi yang selalu banyak peminatnya dari tahun ke tahun”, ungkap Naba pada rilis yang diterima, Kamis (24/1/2019).


Lebih lanjut Naba mengungkapkan, lulusan program studi penyiaran dibekali ilmu yang sesuai dengan perkembangan jaman. Mereka disiapkan untuk mampu bersaing di dunia kerja secara professional serta diarahkan untuk mampu berwirausaha kreatif di bidang penyiaran.

“Kompetensi lulusan penyiaran juga diarahkan mampu memanfaatkan kemajuan teknologi komunikasi dan informasi untuk keperluan di bidang penyiaran. Mampu bekerja secara mandiri ataupun dalam tim dan dilaksanakan secara professional dan penuh tanggung jawab. Mampu mengambil keputusan strategis atas dasar analisa data dan informasi, memilih solusi yang tepat guna menyelesaikan masalah yang dihadapi. Sehingga, diharapkan lulusan program studi penyiaran UBSI mampu bersaing di era revolusi industri 4.0 ini," ujar Naba.

Editor : Wulandari Saptono

Apa Reaksi Anda?