• News

  • Pendidikan

Besok, Pemerintah akan Apresiasi Pendidik Anak Usia Dini

Guru PAUD (segmennews.com)
Guru PAUD (segmennews.com)

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan mengapresiasi peran serta masyarakat dalam peningkatan akses dan mutu pendidikan anak usia dini (PAUD). Anugerah PAUD Tingkat Nasional 2016 akan diberikan dalam rangkaian acara Gebyar PAUD 2016 pada 29 September 2016 di Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Direktur Pembinaan PAUD Kemendikbud, Ella Yulaelawati mengatakan, di lokasi Gebyar PAUD di TMII, Kemendikbud juga akan menggelar arena bermain untuk ratusan anak PAUD yang akan hadir dalam gebyar PAUD 2016.
 
“Ada dunia anak berupa stand-stand untuk bermain peran. Ada 30 arena bermain. Anak-anak bisa bermain peran di sana. Ada juga stand kuliner,” ujar Ella, seperti dikutip dari laman kemdikbud.go.id, Rabu (28/9/2016).

Diharapkan, ada kegiatan Gebyar PAUD 2016 di TMII, kita dapat menyaksikan kreativitas anak usia dini Indonesia dalam keceriaan yang menunjukkan tubuh yang sehat dan jiwa yang gemar belajar dalam menyongsong masa depan.

Apresiasi tersebut dilakukan Kemendikbud dengan memberikan penghargaan berupa Anugerah PAUD 2016 kepada pihak-pihak yang dinilai telah berperan aktif dan berinisiatif dalam pendidikan anak usia dini.
 
Anugerah PAUD Tingkat Nasional 2016 akan diberikan kepada 15 Bunda PAUD Provinsi, 31 Bunda PAUD Kabupaten/Kota, 10 Bunda PAUD Kecamatan, dan 10 Bunda PAUD Desa, atas karya nyata dan kepedulian mereka dalam mewujudkan PAUD berkualitas di daerahnya masing-masing.
 
Penghargaan yang sama akan diberikan Kemendikbud kepada lima organisasi mitra dan tujuh sosok peduli PAUD yang secara nyata berperan untuk meningkatkan akses dan kualitas PAUD, serta mengilhami keberadaan PAUD di kepulauan, pesisir, daerah terpencil, dan daerah semi kota yang padat penduduk.
 
Selain itu, Anugerah PAUD Tingkat Nasional 2016 juga akan diterima oleh 27 guru PAUD berprestasi, 13 pemenang lomba cerita rakyat, 15 pemenang lomba lagu anak, 18 pemenang cerita anak elektronik, 15 pemenang pemainan mendidik (edu game), dan tujuh anak usia dini berprestasi, antara lain penghafal Alquran, dan berprestasi di bidang seni tari, lukis, dan olahraga.
 
Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (Dirjen PAUD dan Dikmas), Harris Iskandar mengatakan, kegiatan pendidikan anak usia dini adalah sebuah gerakan masyarakat yang terus berkelanjutan di berbagai daerah dan oleh berbagai lapisan masyarakat. Karena itulah tema yang diangkat dalam kegiatan Anugerah PAUD Tingkat Nasional 2016 adalah “Gerakan Nasional PAUD Berkualitas: Memberikan Awal Terbaik bagi Masa Depan Anak”.
 
“Kita harus apresiasi semua yang terlibat, baik masyarakat umum, perusahaan swasta, bahkan negara lain yang ikut terlibat dalam mewujudkan PAUD berkualitas di Indonesia,” katanya.
 

Editor : Lince Eppang

Apa Reaksi Anda?