Sabtu, 16 Desember 2017 | 08:17 WIB

  • News

  • Pendidikan

Sulit Cari Rumah Indekos? Mahasiswa Ini Rancang Aplikasi Pencarian Rumah Indekos

Asrama (theflatcampuspointe.com)
Asrama (theflatcampuspointe.com)

BANDARLAMPUNG, NETRALNEWS.COM - Feri Setiadi merancang Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) pencarian rumah indekos di Bandarlampung.

Menurut Feri, mahasiswa Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya, di Bandarlampung, Rabu (11/01/2017), aplikasi rancangan ini memuat informasi tentang nama, alamat, harga, foto, peta lokasi, dan fasilitas yang dimiliki rumah indekos.

Aplikasi itu merupakan penelitian yang dilakukan Feri sebagai skripsinya pada Jurusan Sistem Informasi di bawah arahan dosen pembimbing Sri Karnila SKom MKom.

"Aplikasi yang dapat diakses secara online ini memudahkan dan membantu mahasiswa maupun masyarakat umum yang mencari rumah indekos di Bandarlampung. E-CRM ini juga dapat menjadi media promosi bagi pemilik usaha rumah indekos. Software ini hanya dapat diinstall pada personal computer (PC) dan belum dikembangkan dengan sistem android," ujarnya.

Feri mengungkapkan, aplikasi tersebut juga memanfaatkan Google Map API untuk memberikan peta lokasi dan mengukur jarak rumah indekos dari Kampus Darmajaya.

Dia menjelaskan, untuk dapat log in, pengguna (user) maupun pemilik rumah indekos terlebih dulu perlu melakukan pendaftaran member pada admin, yakni bagian Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Darmajaya.

"Pemilik rumah indekos yang menjadi member telah menyetujui diskon sewa sebesar 10 persen bagi pemesan dari user aplikasi ini. Pemilik rumah indekos yang telah memilki akun juga dapat mengupgrade publikasi tentang informasi layanan rumah indekost," ujarnya lagi.

Menurutnya, pada halaman home, user dapat melihat daftar rumah indekos yang telah dipublikasikan. Halaman tersebut juga menyediakan kolom filter untuk memilih pencarian berdasarkan kategori putra dan putri, nama indekosan, kecamatan, serta harga. Setelah diklik salah satu, akan muncul detail rumah indekos tersebut.

Menanggapi penelitian ini, Ketua Jurusan Sistem Informasi IBI Darmajaya Nurjoko SKom MTI mengapresiasi dan mendukung mahasiswanya untuk aktif serta kreatif melaksanakan penelitian.

Menurutnya, penelitian merupakan salah satu bukti bahwa mahasiswa telah menguasai ilmu yang diperolehnya dari perkuliahan untuk diterapkan di masyarakat.

Dia menilai, aplikasi pencarian rumah indekos rancangan Feri Setiadi cukup aplikatif, karena bermanfaat baik bagi masyarakat yang mencari rumah indekos maupun pengusaha rumah indekos untuk mempromosikan usahanya.

"Aplikasi ini akan lebih bagus jika dikembangkan lagi menjadi berbasis android, sehingga mempermudah pengguna untuk mengaksesnya secara mobile. Selain itu, juga bisa ditambahkan fitur untuk mengetahui jumlah kamar yang penuh atau masih tersedia," katanya menyarankan.

Editor : Lince Eppang
Sumber : Antara

Apa Reaksi Anda?