Dokter (empowher)

Komisi X Dorong PTN Terima Mahasiswa Tak Mampu Belajar di Fakultas Kedokteran

Rabu, 11 Jan 2017 | 21:38 WIB | Pendidikan

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Wakil Ketua Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Sutan Adil Hendra mendorong Fakultas Kedokteran (FK) di seluruh Perguruan Tinggi Negeri (PTN) untuk bisa menerima mahasiswa yang kurang mampu untuk mengenyam pendidikan yang dianggap berkategori tak murah tersebut.

“Terkait masalah biaya pendidikan dokter yang dianggap mahal, itu bisa dengan jalur beasiswa bidik misi. Kita berharap ada jaminan dana pendidikan bagi mereka yang tergolong tidak mampu untuk tetap menimba ilmu di kedokteran,” ujar Sutan seperti dikutip dari laman DPR, Rabu (11/1/2017).

Politisi Gerindra itu menambahkan kesempatan tersebut ditujukan pada mereka yang mempunyai prestasi membanggakan di sekolah dan Sutan meminta agar siswa yang mempunyai prestasi akademik yang baik di sekolah mendapat prioritas diterima di FK.

“Prestasi akademik itu terus dipantau selama mereka menempuh pendidikan di sekolah hingga ke dalam tahap penerimaan mahasiswa kedokteran, dengan jalan evaluasi tiap semesternya,” saran Sutan.

Selain itu, ia juga mengingatkan tentang kewajiban PTN untuk mengalokasikan kuota 20 persen bagi golongan tak mampu dari jumlah mahasiswa mereka.

“Kuota 20 persen tiap PTN untuk golongan tak mampu ini akan kita pantau bagaimana realisasinya di lapangan, jangan sampai terjadi ketidakadilan dalam hal ini. Karena penetapan kuota ini bagian dari upaya perluasan akses masyarakat terhadap pendidikan,” pesan Sutan.

Menurut Sutan, jangan sampai pola liberalisme dan nilai kapitalis juga menodai dunia pendidikan, karena jika ini terjadi sama saja dengan memberi jalan terciptanya kondisi pendidikan hanya untuk orang kaya dan mampu membayar.

“Komisi X akan mengawal ini sekuat tenaga agar ada kesempatan yang sama bagi semua anak negeri,” ujar komitmen politisi asal dapil Jambi.

 


Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Lince Eppang