Rabu, 13 Desember 2017 | 10:08 WIB

  • News

  • Pendidikan

Kemendikbud Fokus 10 Objek Pemajuan Kebudayaan

Aker tradisi Suku Biak.
Kemendikbud
Aker tradisi Suku Biak.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemebdikbud) melalui Direktur Jenderal Kebudayaan Hilmar Farid menyatakan, pihaknya fokus pada 10 objek pemajuan kebudayaan. Adapun 10 objek pemajuan kebudayaan diantaranya terdiri dari tradisi lisan, manuskrip, adat istiadat, ritus, pengetahuan tradisional, teknologi tradisional, seni, bahasa, permainan rakyat dan olahraga tradisional.

Hal ini disampaikan Hilmar sehubungan dengan telah ditetapkannya Undang-Undang Nomor 5 tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan. Undang-Undang tentang Pemajuan Kebudayaan ini, merupakan penerjemahan dari amanat pasal 32 ayat 1 Undang-Undang Negara Republik Indonesia Tahun 1945, yang berbunyi "Negara memajukan kebudayaan nasional Indonesia di tengah peradaban dunia dengan menjamin kebebasan masyarakat dalam memelihara dan mengembangkan nilai-nilai budayanya".

"Undang-undang ini telah melalui perdebatan panjang sejak 1980, mengenai perlu tidaknya UU. Melalui pembahasan sekitar selama satu tahun ini Pemajuan Kebudayaan mengatur tata kelola kebudayaan Indonesia," kata Hilmar dalam Diskusi Publik di Komplek Kemebdikbud, Rabu (21/6/2017).

Hilmar juga mengatakan, Kemendikbud telah memiliki empat langkah strategis dalam pemajuan kebudayaan. Empat langkah ini terkait perlingungan, pengembangan, pemanfaatan dan pembinaan.

"Jadi rencana strategis yang kongkrit akan dilakukan penyusunan kebijakam dari bawah, kabupaten/kota, lalu ke provinsi hingga nasional yang rencanannya disusun dalam kongres kebudayaan yang dilaksanakan pada 2018," ujar Hilmar.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Lince Eppang

Apa Reaksi Anda?