Selasa, 22 Agustus 2017 | 12:32 WIB

  • News

  • Pendidikan

Astri Ivo: Mendidik Anak Harus dengan Ilmu dan Iman Berdasarkan Agama

Artis Astri Ivo.
Sumber
Artis Astri Ivo.

MALANG, NETRALNEWS.COM - Artis Astri Ivo mengingatkan agar para orang tua dalam mendidik anak-anaknya harus dengan ilmu dan iman berdasarkan agama, sebab agama adalah cara terbaik.

"Apa yang dianjurkan Allah pasti yang terbaik dan apa yang dilarang agama adalah yang merugikan. Mendidik dengan ilmu tanpa iman, akan menjadi buta. Sedangkan mendidik hanya dengan iman tanpa ilmu, akan lumpuh," kata Astri Ivo dalam Seminar Islamic Parenting bertema "Segenggam Iman untuk Mencapai Karakter Mulia Sebagai Investasi Orang Tua di Universitas Brawijaya (UB) Malang, Minggu (30/7/2017).

Seminar yang juga menghadirkan Psikolog Seto Mulyadi (Kak Seto) itu, sebagai rangkaian dari kegiatan penunjang dalam perhelatan Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa Nasional (MTQMN) XV yang dipusatkan di UB dan Universitas Islam Negeri (UIN).

Orang tua yang hebat, lanjutnya, adalah orang tua yang mau aktif belajar menjadi ibu dan ayah sesuai dengan zaman, sebab cara mendidik anak zaman sekarang dengan dulu tentu berbeda. Namun, yang terpenting sesuai dengan zaman dan tetap sesuai dengan apa yang Allah mau.

Menurut Astri Ivo, mendidik anak sebagai salah satu ibadah tidak bisa sembarangan dilakukan. Yang namanya ibadah tidak boleh mengikuti apa yang kita mau, tapi mengikuti apa yang Allah mau, termasuk cara mendidik anak.

Ia mengakui ayah dan ibu pasti memiliki perbedaan pemikiran dalam cata mendidik anak. Namun, perbedaan itu jangan membuat keduanya saling menyalahkan atau saling mengajari, tapi dijadikan kekuatan sebagai satu tim untuk saling melengkapi agar anak tumbuh dan berkembang sesuai ajaran agama dan zaman yang juga terus berkembang.

Menurut Astri, tidak ada pendidikan formal untuk menjadi orang tua. Dan, sampai saat inipun tidak ada sebutan orang tua sempurna, yang ada adalah orang tua hebat.

Orang tua hebat adalah orang tua yang bisa mengembangkan kecerdasan dan talenta yang paling dominan dari anak mereka menjadi potensi kuat sebagai kelebihan anak-anak mereka.

"Siapapun bisa menjadi orang tua hebat, ibu luar biasa atau ayah luar biasa. Pesan saya, kehebatan-kehebatan dan potensi anak ang menonjol itu harus kita arahkan sesuai dengan ajaran agama dan iman yang dipadukan dengan ilmu," ucapnya.

Editor : Lince Eppang
Sumber : Antara

Apa Reaksi Anda?