• News

  • Persona

Lita Alex Sinaga, Perempuan Hebat di Balik Sukses Telkom Craft

Marisi Rose Evelita Damanik atau yang akrab dikenal Lita Alex Sinaga di acara Telkom Craft.
NNC/Wahyu Praditya Purnomo
Marisi Rose Evelita Damanik atau yang akrab dikenal Lita Alex Sinaga di acara Telkom Craft.

JAKARTA, NNC - Tak bisa disangkal, nama Marisi Rose Evelita Damanik atau yang akrab dikenal belakangan ini kian moncer. Lita mulai banyak dibincang karena menjadi figur sentral sebuah event besar Telkom Craft Indonesia yang dimulai sejak setahun lalu.

Sebagai istri Direktur Utama (Dirut) PT Telkom, Alex J Sinaga, peran Lita pun cukup besar, terutama dalam mendukung karir sang suami selaku bos Telkom Indonesia.

Sebelumnya, Lita berprofesi sebagai dokter. Guna mendukung karier suami, Lita ingin mengabdikan hidupnya sebagai seorang istri pegawai Telkomsel dengan membentuk Periskasel (Persatuan Istri Karyawan Telkomsel) pada 29 Januari 2012 silam.

Peran dalam mendukung suami semakin kuat saat Lita, memimpin sebuah kerja besar Telkom Craft Indonesia 2018 yang perhelatannya digelar di Jakarta Convention Center (JCC) 22 hingga 25 Maret 2018.

Sukses event Telkom Craft Indonesia yang diadakan di Jakarta Convention Center (JCC) tahun 2017 dan 2018 lalu, tak lepas dari peran Lita Alex Sinaga.

Telkom Craft Indonesia merupakan implementasi peran Telkom yang dilakukan untuk pembangunan masyarakat digital Indonesia yang membawa semangat Local Heroes to Global Champions dengan pemanfaatan teknologi digital guna mengangkat karya-karya terbaik entrepreneur kreatif bangsa ke kancah global berupa fashion, craft, and food.

Lita di Antara Bayang-Bayang Dirut Telkom

Acara Telkom Craft Indonesia 2018 yang digelar selama empat hari itu memang terbilang sukses, dengan membukukan nilai transaksi lebih dari Rp20,1 miliar. Di balik sukses itu, ada sosok wanita hebat istri bos Telkom yang turut berperan.

Maka tak heran dengan kesuksesan ini, Lita begitu diagung-agungkan. Terlihat dari pengamanan yang dilakukan terhadap wanita saat acara penutupan cukup ketat (25/3/2018). Tak seperti Dirut Telkom atau ketua panitia sendiri.

Hasil pantauan tim di lapangan menunjukkan ada kesan, mulai dari pengamanan hingga saat istri Dirut ini memantau beberapa gerai pameran di Telkom Craft Indonesia 2018, beberapa pria yang merupakan karyawan Telkomsel mengikutinya, selain beberapa wanita yang merupakan kerabatnya.

Bermodal nekat, penulis coba meminta waktu wawancara langsung dengan Ibu Lita, sayangnya, Sang Istri Bos Telkom ini menghindar dan menolak diwawancara.

Seorang pendamping yang menemani Istri Bos ini menyarankan agar menghubungi lewat Telpon atau Whattapps. Saran ini diikuti oleh penulis dengan menyertakan beberapa pertanyaan seputar kegiatan dan peran Ibu Lita, sayangnya tak ada jawaban yang keluar.

Penulis mencoba menelusuri secara diam-diam dengan bertanya sambil berbincang kepada seorang pegawai berseragam yang agak terpisah. Dari obrolan ringan, muncul kisah sosok wanita hebat Lita.

Tak cuma saat kegiatan Telkom Craft, nama Lita sering terdengar dalam proses kaderisasi di PT Telkom. Sumber lapangan saat acara Telkom Craft yang berhasil digali keterangannya menyatakan bahwa Lita punya peran untuk 'menempatkan orang' di Telkom.

Bisik-bisik ala jalanan ini juga menyebutkan bahwa kuasa Lita tembus di level direksi Telkom. Bahkan, Lita bisa nunjuk dan ngatur direksi, sambung seorang pegawai dengan nada berbisik kepada penulis.

Saat ditanya bagaimana kedekatan Lita dengan Menteri BUMN yang hadir disaat pembukaan acara Telkom Craft, pegawai ini menyatakan bahwa memang Lita Alex Sinaga punya kedekatan dengan Ibu Rini Sumarno, namun, sejauh mana kedekatan itu sulit digambarkan.

Penulis coba menelusuri kabar burung terkait peran Lita yang ikut cawe-cawe tender di Telkom, namun sang pegawai hanya diam dan enggan menjawab dan sedikit gugup mendengar pertanyaan penulis.

Harus diakui, sosok Marisi Rose Evelita Damanik saat ini memang sedang gress di kalangan pegawai dan karyawan PT Telkom. Lewat jaringan istri karyawan PT Telkom, Lita kini bermetamorfosis menjadi wanita hebat. Sukses Telkom Craft tak lepas dari peran Bu Dokter yang kini menjadi istri kuat dalam mendukung karir sang suami.

 

Reporter : Wahyu Praditya Purnomo
Editor : Widita Fembrian

Apa Reaksi Anda?