• News

  • Politik

Raih Perolehan 67,54% Suara, Paslon Lukas-Klemens Menangi Pilgub Papua

Pemenang Pilgub Papua, Pasangan Petahana Lukas Enembe dan Klemen Tinal
Istimewa
Pemenang Pilgub Papua, Pasangan Petahana Lukas Enembe dan Klemen Tinal

JAYAPURA, NNC - Pasangan Petahana Lukas Enembe dan Klemen Tinal kembali memenangkan pemilihan gubernur dan wakil gubernur provinsi Papua untuk masa bakti 2018-2023.

Hal itu diketahui usai digelarnya rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil perhitungan suara tingkat provinsi yang digelar KPU Papua 8-9 Juli 2018, di Hotel Grand Abe Jayapura.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua menggelar rapat pleno penghitungan suara Pilgub Papua. Hasil rekapitulasi menyatakan bahwa pasangan petahana, Lukas Enembe-Klemen Tinal memenangi Pilgub Papua dengan perolehan 67,54% suara.

Dua calon petahana itu memperoleh suara terbanyak dan mengalahkan perolehan suara yang diraih pasangan John Wempi Wetipo-Hable Melkias Suawe. Rapat pleno yang sempat berjalan alot, akhirnya bisa selesai sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan.

Kepada wartawan, Ketua KPU Papua Theodorus Kossy mengatakan, pleno rekapitulasi untuk menghitung perolehan suara para calon gubernur dan wakil gubernur sekaligus menetapkan pemenang.

“Rapat pleno ini menetapkan pasangan Lukas Enembe dan Klemen Tinal sebagai gubernur dan wakil gubernur terpilih Provinsi Papua periode 2018-2023,”kata Ketua KPU Papua itu.

Diketahui, pasangan  calon nomor urut 1, Lukas Enembe – Klemen Tinal (Lukmen) memperoleh suara sebanyak 1.939.539 suara (67,54 persen), sedangkan pasangan calon nomor urut 2, John Wempi Wetipo – Habel Melkias Suwae (Jhosua) berhasil mendapatkan suara sebanyak 932.008 suara (32,46 persen).

Adapun, total jumlah DPT untuk Provinsi Papua adalah 3.411.217 suara. suara sah sebanyak 2.871.547 suara (84,18 persen), sedangkan suara tidak sah sebanyak 539.670 suara (15,82 persen).

Selesai rapat pleno, calon Wakil Gubernur Terpilih Klemen Tinal mengatakan, kemenangan yang diraih pasangannya adalah kemenangan rakyat Papua.

“Yang menang adalah rakyat Papua,” kata mantan petinggi Partai Demokrat Provinsi Papua itu.

Sementara itu, calon wakil gubernur Papua, Klemen Tinal  yang adalah kader Partai Golkar  mengajak seluruh masyarakat Papua untuk bersama-sama membangun Papua 5 tahun ke depan.

“Kompetisi sudah berakhir, mari kita kembali bersam bergandeng tangan membangun Papua untuk lebih bangkit, mandiri, sejahtera dan berkeadilan,” imbuhnya mengajak seluruh masyarakat Papua untuk bersatu membangun Papua yang lebih baik. Selamat bertugas untuk Pace Lukas dan Klemen.

Reporter : Dominikus Lewuk
Editor : Nazaruli

Apa Reaksi Anda?