• News

  • Politik

Warganet: Joni Panjat Tiang Bendera vs Setnov Tabrak Tiang Listrik

Yohanes Gama Marschal Lau (Joni) saat di Jakarta
IG @jojo_ismyname
Yohanes Gama Marschal Lau (Joni) saat di Jakarta

JAKARTA, NNC - Bocah 13 tahun asal Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT), Yohanes Gama Marschal Lau (Joni), mendadak populer dan menjadi pembicaraan khalayak ramai.

Hal itu karena aksi heroiknya memanjat tiang bendera untuk mengambil simpul tali yang 'nyangkut' di puncak, pada upacara HUT Ke-73 RI di Pantai Motaain, Desa Silawan, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu, NTT, pada Jumat (17/8/2018).

Keberanian bocah kelas 1 SMP ini mengundang decak kagum dari masyarakat Indonesia. Hal tersebut juga dapat dilihat dari reaksi warganet (netizen) di berbagai media sosial, saat mengomentari video atau pemberitaan tentang Joni.

Banyak netizen yang mengaku bangga, terharu, menyebutnya sebagai pahlawan, hingga mendoakan kesuksesan bagi Joni yang nekad memanjat tiang setinggi 23 meter karena ingin agar Sang Merah Putih tetap berkibar.

Menariknya, dari begitu banyak komentar pujian, terselip beberapa komentar netizen yang membandingkan aksi heroik Joni dengan kisah kecelakaan mobil Setya Novanto (Setnov) yang viral pada pertengahan November 2017 lalu, karena menabrak tiang listrik di tengah bergulirnya kasus megakorupsi pengadaan kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) yang menjerat mantan Ketua DPR itu.

Berikut sejumlah komentar warganet yang membandingkan aksi Joni panjat tiang demi berkibarnya bendera Merah Putih, dengan insiden tabrak tiang listrik yang dialami Setnov saat terjerat kasus korupsi, dikutip NNC dari chanel YouTube yang memuat video berjudul 'Usai Viral, Bocah Panjat Tiang Langsung Diundang Jokowi,' Minggu (19/8/2018).

"Joni vs Setnov, kisah dua anak manusia yang sama-sama viral karena tiang tapi beda nasib. Satu dipuji satunya lagi di bui," tulis Putra Praka***.

"Wah tiang listrik yang ketabrak Ketua DPR kalah pamor sama tiang bendera yang dipanjat anak ini (emoji tertawa)," komentar Culn Je**.

"Kemarin Setya Novanto nabrak tiang dapat penghargaan dari KPK masuk tahanan. Nah sekarang Jhoni manjat tiang dapat penghargaan dari pemerintah, satu tiket masuk TNI," kata Muhammad Yos**.

"Anak ini manjat tiang diundang Pak Jokowi ke Istana, Pak Novanto tabrak tiang masuk penjara," tulis netizen***.

"Setnov malu nih, kemarin dia nabrak tiang, ade ini malah panjat tiang," komentar Queen Night**.

"Jadi ingat bakpao (emoji tertawa)," kata Irene Wat**.

"Pelajaran yang dapat diambil dari Ade Joni, tiang itu dipanjat bukan ditabrak (colek papa e-KTP)," Rian J**.

"(emoji tertawa) Jadi ingatkan sama papa Setnov yang jidatnya mbendol," sambung Yuanita Febria**.

"Papa Setnov seharusnya tiru Ade Joni, tiangnya dipanjat bukan ditabrak," ungkap Adian Gil***.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Wulandari Saptono

Apa Reaksi Anda?