• News

  • Politik

Kapitra: Reuni 212 Bukan Aksi Bela Agama, Tapi Aksi Dukung Prabowo-Sandi

Kapitra Ampera
dok.Istimewa
Kapitra Ampera

JAKARTA, NNC - Tokoh Alumni 212, Kapitra Ampera, mengkritisi rencana digelarnya Reuni Akbar Alumni 212 pada 2 Desember 2018 mendatang.

Menurutnya, acara reuni itu lebih tepat disebut aksi mendukung capres-cawapres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, dan bukan Aksi Bela Islam seperti yang dilakukan pada 2 Desember 2016 lalu. 

Hal itu disampaikan Kapitra, lantaran Persaudaraan Alumni (PA) 212 sebagai penggagas acara, berencana mengundang Prabowo-Sandi di Reuni Akbar Alumni 212.

Sedangkan, lanjut Kapitra, Prabowo-Sandi tidak pernah hadir dalam aksi-aksi bela Islam sebelumnya, sehingga mereka bukan bagian dari Alumni 212.

"Jadi bukan aksi bela agama lagi, tapi aksi dukung Prabowo-Sandi. Karena Prabowo-Sandi tidak pernah berpartisipasi dalam aksi-aksi itu," kata Kapitra kepada NNC, Sabtu (17/11/2018).

Selain itu, calon anggota DPR dari PDIP ini juga menyebut, bahwa Alumni 212 bukan hanya milik PA 212, tetapi jutaan umat yang hadir pada Aksi Bela Islam 2 Desember 2016.

"Alumni 212 bukan milik Persaudaraan Alumni atau sekelompok orang (ormas), tetapi milik jutaan orang yang hadir aksi super damai di Monas pada 2 Desember 2016," ungkapnya.

"Sehingga yang harus diundang dalam reuni adalah orang-orang yang hadir, bukan orang-orang yang tidak hadir seperti Prabowo-Sandi," tandas Kapitra.

Sebelumnya, Juru Bicara Persaudaraan Alumni 212, Habib Novel Chaidir Bamukmin mengatakan, Reuni Akbar Alumni 212  bukan agenda politik.

“Kami dari PA 212 saat ini agenda utama sangat tidak usung agenda politik," ujar Habib Novel di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Jumat (16/11/2018).

Namun begitu, Habib Novel mengaku, tidak menutup kemungkinan PA 212 bakal mengundang capres-cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

"Insya Allah kalau memang memungkinkan kami akan mengundang dan itu akan kami pertimbangkan," ujar tokoh Front Pembela Islam (FPI) itu.

"Kita buat aksi ini memang kebetulan tahun politik, mungkin ada Prabowo-Sandi, ada caleg yang hadir ya silahkan," tandasnya.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Tommy Satria Ismaya Cahya

Apa Reaksi Anda?