• News

  • Politik

Sebut BPN Bohong, Kapitra: Survei Internal Prabowo-Sandi Hanya 31%

Kapitra Ampera
Netralnews/Adiel Manafe
Kapitra Ampera

JAKARTA, NETRALNEWS - Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mengklaim, elektabilitas paslon nomor urut 02 itu unggulan atas Capres-cawapres Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin berdasarkan survei internal.

Menanggapi pernyataan BPN, politisi PDIP Kapitra Ampera menyebut apa yang disampaikan kubu Prabowo-Sandi adalah kebohongan.

"Bohong itu, saya tau persis hasil survei internal mereka dari sumber yang sangat-sangat terpercaya," kata Kapitra kepada netralnews.com, Kamis (14/3/2019).

Menurut Kapitra, berdasarkan sumber terpercaya yang tidak disebutkan namanya itu, hasil survei internal kubu Prabowo-Sandi menunjukkan, elektabilitas paslon 02 hanya 31 persen. Sementara Jokowi-Ma'ruf meraih 58 persen, dan 10 persen responden belum menentukan pilihan.

"Survei internal dia cuma 31 persen. Saya tau persis, saya punya sumber terpercaya yang bilang survei internal mereka (Prabowo-Sandi) 31 persen, Jokowi 58 persen, sisanya belum punya pilihan," ungkap Kapitra.

Sebelumnya, BPN mengklaim, hasil survei internal mereka menunjukkan elektabilitas Prabowo-Sandi 54 persen, unggul atas paslon 01 Jokowi-Ma'ruf yang hanya meraih 40 persen suara.

"Hasil survei kami, justru saat ini sudah crossing, Prabowo-Sandi sudah di angka 54 persenan sedang Jokowi 40an [persen]," ucap Koordinator Juru Bicara BPN Prabowo-Sandi Dahnil Anzar Simanjuntak lewat pesan singkat kepada wartawan, Senin (11/3/2019).

Atas hasil survei internal itu, Dahnil yakin Prabowo-Sandi akan keluar sebagai pemenang di Pilpres 2019. Bahkan mereka memperkirakan paslon 02 bakal menang dengan total perolehan suara di atas 60 persen.

Keunggulan Prabowo-Sandi juga diutarakan oleh jubir BPN lainnya, Ferry Juliantono. Menurutnya, keunggulan jagoan mereka berdasarkan Google Trends. Ia mengklaim lewat Google Trends, Prabowo-Sandiaga sudah meraih 67 persen suara per Selasa (12/3/2019).

"Google Trends bisa di-searching, itu open source, kok. Google Trends menyebutkan pasangan Prabowo-Sandiaga menang 67 persen dan menurut saya Google Trends lebih mampu mengelaborasi undecided voters," kata Ferry saat ditemui di Seknas BPN, Menteng, Selasa (12/3/2019) siang.

Diketahui, Google Trends merupakan grafik statistik popularitas topik pencarian di Google pada kurun waktu tertentu. Hasil dapat ditampilkan menurut kota, wilayah, atau bahasa.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Tommy Satria Ismaya Cahya

Apa Reaksi Anda?