• News

  • Politik

Debat Cawapres, Pengamat: Ma‘ruf Terstruktur, Sandiaga Comot Sana Sini

Debat Cawapres antara Ma'ruf Amin dengan Sandiaga Uno.
NNC/Adiel Manafe
Debat Cawapres antara Ma'ruf Amin dengan Sandiaga Uno.

Berita Terkait

JAKARTA, NNC - Direktur Eksekutif Indopolling Network, Wempy Hadir memaparkan secara garis besar performa kedua Cawapres, Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno di debat Cawapres pada Minggu (17/3/2019).

"Saya melihat keduanya mempunyai kelebihan," kata Wempy kepada netralnews.com, Selasa (19/3/2019).

Menurutnya, dalam debat yang mengusung tema soal pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan kebudayaan itu, Ma'ruf Amin memaparkan programnya secara terstruktur dan mudah dipahami publik.

"Pertama, Cawapres 01 runut, teratur dalam menyampaikan program, sehingga kesannya terstruktur dan mudah untuk dipahami. Dengan demikian publik melihat oh ada program kerja yang akan dibangun kedepannya," ujar Wempy.

Hal ini, lanjut Wempy, berbeda dengan apa yang disampaikan oleh Cawapres nomor urut 02. "Sandi tidak terstruktur, sehingga dia comot sana comot sini, dia tidak fokus membahas sebuah isu," ungkapnya.

Bahkan, Wempy mengatakan, ada pertanyaan-pertanyaan penting disampaikan Ma'ruf juga tidak terjawab karena Sandi tidak fokus.

"Contoh seperti soal pengawasan dana pendidikan. Yang dibutuhan jawaban dari Pak Ma'ruf itu kan  bagaimana instrumen pengawasan anggaran 60% yang begitu besar untuk transfer daerah," jelas Wempy.

Namun demikian, lanjut Wempy, Sandiaga memiliki kemampuan dalam menarasikan suatu isu dengan memberikan contoh yang mudah dipahami publik.

"Kemampuan dia itu adalah mampu menarasikan sesuatu sehingga kesannya dia memahami dan juga memberikan contoh yang konkret, terlepas dari contoh itu benar atau gak," paparnya.

"Seperti dia memberikan contoh soal Ibu Lis di Sragen atau siapa gitu dan beberapa contoh yang lainnya. Jadi contohnya lebih konkret, lebih nyata, dan membuat orang lebih mudah 'oh ada contohnya," pungkasnya.

 

 

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Widita Fembrian

Apa Reaksi Anda?