• News

  • Politik

OK OCE Go Nasional, Pengamat: Ini Nekad dan Fatal karena Gagal di DKI

OK OCE Mart
dok.Youtube
OK OCE Mart

JAKARTA, NETRALNEWS  - Direktur Eksekutif Indopolling Network, Wempy Hadir menilai, keinginan Cawapres Sandiaga Uno menjadikan program  One Kecamatan One Center Entrepreneurship (OK OCE) sebagai program nasional, merupakan langkah yang nekad dan fatal, karena OK OCE adalah program yang gagal direalisasikan di DKI Jakarta.

"Paling fatal itu ketika dia angkat soal OK OCE. Saya pikir Sandi sangat nekad karena itu kan program gagal. Kok bisa diangkat program gagal seperti ini menjadi program nasional. Jadi publik bisa melihat ini rasional atau tidak rasional," kata Wempy kepada Netralnews, Selasa (19/3/2019).

Alasan Wempy menyebut program gagal, karena tidak sesuai dengan yang dijanjikan Sandi saat menjadi Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta, dimana target mencetak 40.000 per tahun tidak tercapai.

"Padahal OK OCE itu kan targetnya 40 ribu wiraswastawan baru per tahun, sementara faktanya (hingga akhir tahun 2018) hanya sekitar 1.000 orang yang mengurus izin, kemudian hanya 150 orang yang mendapat modal," ungkapnya.

"Padahal rencana dari awal dikampanye di awal, dijanjikan semua izin diurus, modal disiapkan. Tapi yang saya heran kok program tersebut diangkat ke level nasional, padahal program itu gagal di DKI," tandasnya.

Sebelumnya, Cawapres Sandiaga Uno mengklaim, program OK OCE yang digagasnya saat mengikuti Pilkada DKI Jakarta, telah berhasil menciptakan puluhan ribu lapangan kerja di ibukota.

"Di Jakarta Ok Oce sudah bisa menurunkan pengangguran sebanyak 20.000 (orang) di tahun 2018. Kami melihat hasil yang nyata dan sudah mendapat review yang positif," ujar Sandiaga dalam debat Cawapres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3/2019).

Karenanya, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini ingin Ok OCE dijadikan program nasional. Diyakininya, program tersebut mampu membuka jutaan lapangan pekerjaan dan mengurangi angka pengangguran.

"Di bidang ketenagakerjaan, saya yakin bahwa masa depan anak muda kita bisa kita berikan lapangan kerja kalau kita fokus pada dua program utama kita yaitu Ok Oce yang akan kami angkat ke level nasional. Kami akan berikan peluang membuka 2 juta wirausaha baru," jelas Sandi.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Tommy Satria Ismaya Cahya

Apa Reaksi Anda?