• News

  • Politik

Barisan Orang Waras Deklarasi Dukung Jokowi-Ma`ruf di Depan DPP Demokrat 

Deklarasi Barisan Orang Waras dukung Jokowi - Ma`ruf di Tugu Proklamasi
NNC/Adiel Manafe
Deklarasi Barisan Orang Waras dukung Jokowi - Ma`ruf di Tugu Proklamasi

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Ratusan massa yang menamakan diri Barisan Orang Waras, mendeklarasikan dukungan untuk  pasangan Capres-cawapres Joko Widodo - Ma`ruf Amin, Rabu (20/3/2019). 

Menariknya, saat deklarasi, massa mengambil posisi menghadap Tugu Proklamasi dan membelai Gedung DPP Partai Demokrat, di Jl. Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat.

Terkait hal ini, Koordinator Barisan Orang Waras, Raja Ali membeberkan, alasan mereka memilih menghadap Tugu Proklamasi karena ingin berikthiar merealisasikan makna waras di Pemilu 2019. 

Sementara soal dukungan untuk Jokowi-Ma'ruf, Ali mengatakan, mereka memilih paslon nomor urut 01 itu karena alasan yang sederhana, yakni Jokowi telah melakukan banyak pekerjaan yang dipandang bermanfaat bagi rakyat Indonesia selama kepemimpinannya.  

Beberapa bukti kerja Jokowi, disebutkan Raja, seperti pembangunan infrastruktur, BBM satu harga, hingga pesoalan legalitas kepemilikan tanah rakyat, yakni membagikan sertifikat gratis kepada rakyat lewat program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

"Pemerintah punya program PTSL atau yang sering dikenal dengan istilah presiden bagi-bagi sertifikat tanah gratis. Ini jelas ada, infrastruktur juga nyata ada, bbm satu harga juga jelas ada. Jadi kalau orang pilih Jokowi itu sudah pasti waras," ujar Raja disela-sela deklarasi, Rabu (20/3/2019). 

Sementara Kyai Ma'ruf, menurut Raja, jelas latar belakangnya sebagai panutan umat lantaran diketahui sebagai ulama. Kemudian Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu juga memiliki keilmuan yang tinggi.  

Bahkan disebutnya, Kyai Ma'ruf berulang kali menegaskan bersama Jokowi akan terus membenahi perekonomian dengan mengusung arus baru ekonomi di Indonesia bila terpilih di Pilpres 2019.

"Kyai Ma'ruf ini ulama, terus bisa jadi panutan dalam mendampingi Jokowi. Kai Ma'ruf ingin membangun sistem ekonomi dari bawah, atau bottom up economic development. Kalau hal ini dibicarakan oleh seorang ulama, berarti pasti bakal dilakukan. Jadi sederhana aja kalau berpikir. Orang waras sudah pasti 01," tandasnya.

Pada kesempatan tersebut, massa juga membacakan 2 poin deklarasi. Berikut isinya:

1. Capres terbukti kerja nyata, cuman Jokowi. Bukan pecitraan apalagi  hoaks Jokowi cinta rakyat, juga NKRI dan rajin sholat. Ditambah lagi rajin puasa Senin Kamis. Kemudian menjunjung tinggi nilai toleransi antar umat beragama. Jadi sebagai orang waras pasti pilih Jokowi

2. Tokoh dan panutan umat sudah pasti, karena Kiai Ma'ruf Amin adalah ulama. Kecerdasan tidak perlu diragukan lagi, karena ada segudang pengelaman dan keilmuan akademis yang dimiliki. Persoalan keagamaan sudah pasti khatam. Jadi kami sebagai golongan orang waras dukung Jokowi-Ma'ruf di pilpres 2019.  Alasannya logis dan bisa diterima golongan waras.

"Kalau Jokowi, cukup pakai kata Amin beres. Kalau Prabowo sulit karena Pakai Sandi. Salam akal sehat, salam waras," demikian bunyi deklarasi itu.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Firman Qusnulyakin

Apa Reaksi Anda?