• News

  • Politik

Charta Polika: Elektabilitas Jokowi Lebih Unggul dari Prabowo, Ini Faktanya

Presiden Joko Widodo bersama capres Prabowo Subianto
dok.Istimewa
Presiden Joko Widodo bersama capres Prabowo Subianto

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Lembaga survei Charta Polika kembali merilis hasil survei terbarunya terkait elektabilitas kedua kontestan Pemilu 2019 antara pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin dengan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Dalam survei yang dilakukan pada 1-9 Maret 2019 pasangan Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin unggul atas Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, yakni 53,6 persen melawan 35,4 persen.

Adapun metodologi survei dilakukan dengan wawancara tatap muka pada 2.000 responden di 34 provinsi. Survei menggunakan metode multistage random sampling dengan margin of error 2,19% dan tingkat kepercayaan 95%. Sebanyak 11% responden tidak tahu atau tidak menjawab.

Dalam survei tersebut, dilihat dari hasil sebelumnya, tren elektabilitas kedua pasangan capres-cawapres mengalami peningkatan.

Charta politika lantas melakukan ekstrapolasi sebagai prediksi akhir Pilpres 2019. Hasilnya, Jokowi-Ma'ruf unggul atas Prabowo-Sandi.

"Dengan perolehan elektabilitas tersebut di atas, ketika dilakukan ekstrapolasi maka menghasilkan perolehan suara Joko Widodo-Ma'ruf Amin dipilih oleh (60,2%) mengungguli Prabowo Subianto-Sandiaga Uno (39,8%)," ucap Charta Politika dalam rilisnya Senin (25/3/2019).

Untuk diketahui, survei Charta menampilkan tingkat kepuasan terhadap kinerja pemerintah pusat di bawah Joko Widodo-Jusuf Kalla tergolong cukup baik, stabil berkisar pada angka 65,9%. Tingkat kemantapan pilihan terhadap kandidat capres-cawapres sudah tergolong tinggi, berkisar pada angka 80%.

Reporter : Sesmawati
Editor : Tommy Satria Ismaya Cahya

Apa Reaksi Anda?