• News

  • Ritel

Kenalkan Produk Granit Baru, Asri Pancawarna Incar Kenaikan Penjualan

Jajaran manajemen PT Asri Pancawarna memperkenalkan produk baru untuk segmen premium.
NNC/Widita Fembrian
Jajaran manajemen PT Asri Pancawarna memperkenalkan produk baru untuk segmen premium.

JAKARTA, NNC - Salah satu produsen granite tile terbesar di Indonesia, PT Asri Pancawarna memperkenalkan produk baru untuk segmen premium. Tampilan granit kali ini dibuat glossy dengan ukuran yang besar 100 x 100 cm.

Presiden Direktur PT Asri Pancawarna John Suhanto, pihaknya melalui brand Indogress dan Decogress juga memperkenalkan produk glazed polished dengan desain eksklusif menyerupai marble atau marmer alam dengan keunggulan lebih tahan gores, lebih kuat serta daya tahan yang lebih baik.

"Salah satu inovasi lainnya yang kami perkenalkan di kesempatan ini adalah granite tile Module Series dengan ukuran yang tidak biasa. Ini merupakan granite tile dengan bentuk heksagonal menyerupai sarang lebah dan sedang digandrungi oleh para arsitek serta interior desainer saat ini," ungkap John Suhanto saat peluncuran di acara partner gathering dengan mengundang partner distributor dari seluruh Indoneesia yang diselenggarakan di Sun City Ballroom, Jakarta,  Jumat (15/3/2019).

Lebih lanjut, John juga mengaku jika produk yang dihasilkan merupakan merupakan terobosan baru di industri granite tile di Indonesia karena baru perusahaannya yang menjadi produsen granite tile pertama di Indonesia yang menawarkan produk polished (kilap) dengan aplikasi nano anti bacterial.

"Produk ini merupakan hasil riset dan pengembangan produk anti bakterial dan mendapatkan sertifikasi resmi dari berbagai lembaga di luar negeri," sebutnya.

"Produk glazed polished ini selain menawarkan desain natural dan kilap yang sangat terang, mencapai angka 95 persen, juga tahan noda (stain resistant) dan bisa diproduksi dengan ukuran 1x1 meter. 

Kenaikan Penjualan

Johan mengharapkan, produk baru tersebut turut menyumbang pertumbuhan penjualan ubin granit di sepanjang tahun ini. Melalui brand Indogress dan Decogress, Asri Pancawarna mengincar kenaikan penjualan sekitar 20%-30% dibandingkan dengan tahun 2018.

John Suhanto mengatakan, pada tahun lalu pihaknya bisa menjual ubin granit sekitar 400.000 m² hingga 500.000 m² per bulan. John menyebut, jumlah tersebut lebih baik sekitar 10% dibandingkan dengan penjualan pada tahun 2017.

Selain itu, pada tahun ini Asri Pancawarna pun membidik peningkatan porsi ekspor sehingga menjadi 20%. Sebagai informasi, hingga tahun lalu porsi penjualan ekspor ubin granit Asri Pancawarna baru sekitar 10%.

Ubin granit itu dipasok ke sejumlah negara seperti Jepang, Korea Selatan, Thailand, Kamboja, Argentina dan Vietnam. "Jepang pasar utama kita, dan akan kita perkuat di sana," ujarnya.

Sedangkan sisanya dipasok ke pasar domestik, dengan porsi 50%-60% diserap di Pulau Jawa. John pun mengklaim, ubin granit Indogress ini memiliki market share sekitar 30%-40% untuk kategori produk lokal.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa saat ini porsi penjualan Asri Pancawarna masih seimbang antara segmen ritel dan proyek. Pada tahun ini, John menargetkan porsi ritel bisa meningkat menjadi 70%.

Saaat ini seluruh produk Indogress dan Decogress telah memenuhi kualifikasi ISO 9001:2015, SNI 13006:2010, Green Label Product, TKDN (produk manufaktur asli Indonesia) dan standar international export TIS dari Thailand serta sertifikasi SIRIM dari Brunei dan Malaysia.

Selain dipasarkan ke segmen ritel melalui jaringan distributor dan toko-toko bahan bangunan,  produk-produk Indogress dan Decogres juga dipasarkan ke project-project properti berskala besar, baik yang dikelola oleh badan usaha milik negara (BUMN) maupun pengembang perumahan swasta. 

Permintaan terbesar dari BUMN datang antara lain dari PT Wijaya Karya (Persero), PT Pembangunan Perumahan (Persero) dan PT Waskita Karya (Persero).

 

Editor : Widita Fembrian

Apa Reaksi Anda?