Sabtu, 29 April 2017 | 16:18 WIB

  • News

  • Romansa

Ternyata Seks Bisa Meningkatkan Ketajaman Memori Wanita

Senin, 05 Desember 2016 | 18:12 WIB
Ilustrasi.(dok.huffpost)
Ilustrasi.(dok.huffpost)

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa seks ternyata bisa membantu untuk melatih ketajaman memori wanita.

Peneliti dari McGill University di Montreal mengatakan, bahwa hubungan seksual dapat memperkuat kemampuan wanita untuk memanggil kembali memori ingatan juga kemampuan untuk mengingat kata-kata.

"Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penis-vagina intercourse (PVI) memiliki efek yang menguntungkan bagi fungsi memori wanita muda yang sehat," ujar Larah Maunder, peneliti studi dari McGill University di Montreal, dikutip dari Boldsky.

Sebelumnya, sebuah penemuan telah melaporkan bahwa seks juga dapat memberikan efek menguntungkan pada hewan. Maunder bersama koleganya menguji frekuensi hubungan seksual dengan fungsi memori otak pada beberapa mahasiswi yang sehat.

Peneliti meminta 78 wanita heteroseksual berumur 18 sampai 29 tahun, untuk menyelesaikan paradigma memori komputer yang terdiri dari kata-kata abstrak dan wajah.

Hasil yang dipublikasikan dalam jurnal Archives of Sexual Behavior menunjukkan, frekuensi seks secara positif dikaitkan dengan skor memori untuk mengingat kata-kata abstrak, tetapi tidak untuk mengingat wajah.

Inilah kesimpulan yang diambil para peneliti, bahwa aktivitas seksual mempengaruhi pertumbuhan jaringan baru di hippocampus pada otak, yang diduga menjadi pusat emosi, memori, dan sistem saraf otonom.

"Karena memori pada otak untuk menyimpan dan mengingat kata-kata, sebagian besar bergantung pada hippocampus. Sedangkan memori untuk mengingat wajah, sebagian besar membutuhkan struktur ekstra-hippocampal," pungkasnya.

Editor : Tommy Satria Ismaya Cahya

Apa Reaksi Anda?