• News

  • Rukun Suku Nusantara

Inilah 7 Suku Paling Ditakuti Seluruh Dunia, 2 Suku Ada di Indonesia

Suku Dayak
batamnews
Suku Dayak

SAMPIT, NETRALNEWS.COM - Di dunia ini terdapat jutaan suku. Masing-masing suku di dunia memiliki tradisi yang unik dan khas. Itu pasti. Bayangkan saja, di Indonesia yang terdiri dari sekira 1.680 suku, juga memiliki keunikan-keunikan sendiri-sendiri.

Dengan segala keunikan dan kekhasanlah yang membuat suatu suku dapat dikenal oleh dunia. Semakin tingginya tingkat keunikan dan kekhasannya, semakin dikenal  pula oleh dunia. Berbarengan dengan itu, membuat suatu suku tersebut bukan hanya dikenal,tetapi juga ditakuti. 

Adapun suku-suku yang ditakuti ini karena kesaktiannya, karena ilmu-ilmu sihirnya, ataupun justru karena suku ini lebih disegani dan dihargai, karena kehebatan-kehebatan tradisinya yang mengagumkan.  

Berikut dipaparkan 7 suku yang paling ditakuti di Dunia. Kenapa ditakuti?  Simak paparan di bawah ini.

1. Suku Dayak

Suku Dayak sangat disegani, bukan hanya di Indonesia, tetapi juga di dunia. Suku Dayak memang dikenal dan dikagumi dunia karena tradisi yang dimilikinya, seperti kesenian tradisionalnya; dalam hal ini budaya tatonya dan tarian perang yang dimilikinya. 

Namun, satu hal yang membuat suku ini ditakuti dunia adalah  hal-hal mistisnya. Misalnya, jika Anda main-main dengan gadis Dayak pedalaman, alat vital Anda bisa hilang.

Perstiwa-peristiwa seperti konflik Sampit; antara Dayak dan Madura, dan di masa perang kemerdekaan antara Dayak dan tentara Jepang, dimana tentara Jepang tak berdaya menghadapi Dayak pedalaman, membuat Dayak benar-benar ditakuti dunia. 

Ingat betapa hebatnya apa yang dinamakan Panglima Burung yang memimpin perang Dayak. Keberadaan Panglima Burung, tokoh mistis yang memang sangat melegenda, itu bukan hanya dikenal  dan ditakuti Indonesia, tetapi juga dunia. 

2. Suku Kikuyu

Suku Kikuyu adalah sebuah suku yang berada di dataran Afrika. Suku ini ditakuti karena Kikuyu Dancer-nya. Kukuyu Dancer dipercaya mengandung unsur magis yang dapat mengambil nyawa manusia. Dipercaya bahwa Kukuyu sebagai santet , ada juga yang mengatakan bahwa tarian ini dapat menurunkan hujan.

Artinya, kemampuan daya tarian suku Kikuyu yang dikabarkan dapat memanggil wabah penyakit, hujan, serta mengirim santet tingkat tinggi, itulah yang membuat suku ini ngeri di mata dunia.

3. Suku Maya

Anda pasti sering mendengar suku Maya bukan ? Terlebih saat meledaknya kabar kiamat oleh kalender Maya, yang menyebabkan suku Maya menjadi sangat di kenal oleh dunia. Suku maya merupakan suku yang berada di Mexico dan Gautemala. 

Fakta dari suku Maya adalah mereka merupakan suku yang sangat expert dalam bidang perhitungan. Dalam suku Maya terdapat orang bijak atau tetua Maya atau Toltec yang memiliki kemampuan yang tinggi di antaranya dia dapat memangil hujan, memiliki kekuatan dalam perang, dan konon kabarnya juga dapat memunculkan matahari dengan melakukan persembahan berupa jantung manusia yang berasal dari suku Maya. Entah benar atau tidak, hal itulah yang menyebabkan suku Maya menjadi suku yang ditakuti dan disegani di dunia

4. Suku Indian

Mungkin Indian adalah suku yang paling familiar di telinga kita. Saya pribadi mulai mengenal Indian dari film-film waktu masih masa kanak-kanak. 

Indian merupakan salah satu suku yang paling di takuti. Suku Indian yang merupakan suku asli Amerika ini ditakuti karena suku ini dapat memanggil arwah hanya dengan lagu dan tarian dengan gerak tubuh tertentu. Saya rasa ini mirip dengan kuda lumping ? 

Pemanggilan arwah ini juga bisa menyembuhkan orang yang sakit keras yang tidak dapat disembuhkan dokter. Itulah hebatnya dan karenanya ditakuti.

5. Suku Maasai

Kemudian suku Maasai. Kehidupan Suku Maasai sangat memegang teguh adat istiadat dan masih hidup secara nomaden antara Kenya dan Tanzania. Suku Maasai terkenal dengan jampi-jampi yang membuat seseorang mampu berlari cepat, melompat tinggi, sistem imun, serta kepiawaian bertempur.

6. Suku Gypsi

Suku Gypsi merupakan sebuah suku yang tidak memiliki rumah. Suku ini selalu berpindah-pindah, dan bisa saja suku ini menetap sementara di Indonesia. 

Gypsi suku yang tidak menyukai pertengkaran dan pertikaian, namun bukan berarti mereka tidak bisa marah. Jika meraka marah bisa saja nyawa yang akan diambil oleh mereka. 

Biasanya mereka akan mengeluarkan sebuah mantra yang berbau kematian ” Lamia va lua sufletele lor, ?i le pun în locul s?u în cazul în care sufletele nu va fi din nou reîncarnare”. Jadi berhati-hatilah, selalu jaga sikap dan perkataan jika berhadapan dengan suku ini.

7. Suku Kajang

Selain Dayak, suku di Indonesia yang satu ini juga sangat ditakuti dunia, yaitu suku Kajang di Sulawesi Selatan. Suku Kajang yang disebut juga sebagai suku Kajang Amatoa yang sehari-harinya mengenakan pakaian berwarna hitam ini, ditakuti karena ilmu sihirnya yang sangat dahsyat. 

Suku Kajang dapat membunuh orang dengan jarak yang sangat jauh, antarnegara sekalipun. Dengan budaya animisme yang yang sangat kental, membuat suku ini memiliki daya magis dalam upacara-upcara ritualnya. 

Ilmu sihir suku Kajang Amma Toa yang dikenal dengan istilah “doti” disebut-sebut dapat melunakkan kepala seseorang secara tiba-tiba. Doti ini dalam budaya atau di daerah lain biasa disebut ilmu santet. Hanya Daya ampuh ilmu sihir Doti ini jauh lebih ampuh dan mematikan. 

Itulah 7 suku di dunia yang sangat ditakuti bukan hanya di daerahnya, tetapi juga dunia. Anda ingin mencoba keampuhan ilmu-ilmu supranatural yang mereka miliki? Cobalah usil mereka.

 

Editor : Thomas Koten
Sumber : Dari berbagai sumber

Apa Reaksi Anda?