• News

  • Rukun Suku Nusantara

Inilah Kisah Asal Usul Carok dan Celurit Orang Madura 

Carok Madura
formasirua
Carok Madura

SAMPANG, NNC - Orang Madura, terutama laki-laki Madura, terkenal dengan budaya, tradisi atau kebiasaan yang lekat dengan Carok dan Celurit. Carok dan Celurit juga adalah simbol dari kejantanan dan keberanian laki-laki Madura dalam menjaga dan merawat harga diri. 

Carok dan Celurit juga adalah simbolisasi atau eksistensi dari sebuah harga diri laki-laki Madura. Hanya terkadang, bahwa aksi Carok dan Celurit, bukan saja bertolak dari sebuah perlindungan akan harga diri dan martabat laki-laki Madura, tetapi bisa hanya karena masalah ketersinggungan psikologis.

Tetapi, di situlah manusia yang ada human errornya, yang dipicu oleh perasaan yang serba sensi, atau karena kelemahan psikologis yang berangkat dari segala persoalan hidup yang serba rumit. 

Editor Netralmews tidak memperlebar permasalahan itu, karena sesuai dengan judul di atas, hanya lebih berkutat pada kisah sejarawi lahirnya budaya Carok dan Celurit dalam suku Madura. 

Carok dan Celurit laksana dua sisi mata uang. Satu sama lain tak bisa dipisahkan. Hal ini muncul di kalangan orang-orang Madura sejak zaman penjajahan Belanda abad 18 M. Carok merupakan simbol kesatria dalam memperjuangkan harga diri (kehormatan) diri dan suku.

Tulisan ini tidak berangkat dari hembusan angin di udara, tetapi berpijak pada sejumlah tulisan dan paparan tentang sejarah lahirnya budaya Carok dan Celurit, seperti Indonesiaindonesia.com. Di bawah ini kisahnya.

Editor : Thomas Koten

Apa Reaksi Anda?