• News

  • Sains

Misi Penjelajah, Parasut Mars 2020 Akan Diluncurkan

Parasut Mars 2020
Astronomy News
Parasut Mars 2020

JAKARTA, NNC - Parasut Mars 2020 diluncurkan untuk peluncuran misi penjelajah Mars generasi mendatang. NASA akan membawa parasut canggih yang telah lulus uji terakhirnya.

Ketika Mars 2020 tiba di Planet Merah, benda itu akan bekerja. Untungnya, dalam tes pemecahan rekor yang dilakukan awal 7 September, NASA menegaskan bahwa parasut siap untuk melakukan tugasnya.

Tes dimulai dengan peluncuran roket kedap suara Black Brant IX; kurang dari dua menit setelah peluncuran, muatan yang membawa parasut dipisahkan dari roket dan mulai jatuh kembali ke Bumi.

Ketika melewati ketinggian 24 mil (38 kilometer) dengan kecepatan 1.380 mil per jam, parasut seberat 82 kilogram dilepaskan. Hanya empat persepuluh detik kemudian, inflasi tercepat yang pernah ada dari parasut besar itu telah membentang hingga diameter penuh, menciptakan beban puncak sebesar 30.000 kg.

Itu merupakan rekor kedua: beban tertinggi yang pernah selamat oleh parasut supersonik. Pada 3 Oktober, anggota misi Mars 2020 menegaskan bahwa parasut nilon-Technora-Kevlar telah lulus semua tes yang diperlukan dan siap untuk pergi.

"Mars 2020 akan membawa muatan terberat ke permukaan Mars, dan seperti semua misi Mars kami sebelumnya, kami hanya memiliki satu parasut dan itu harus bekerja," kata Mars 2020 Project Manager John McNamee dari Jet Propulsion Laboratory NASA (JPL), dilansir dari laman Astronomy, Kamis (1/11/2018).

Menguji parasut yang dimaksudkan untuk planet lain di Bumi ini memang rumit, tetapi tidak mustahil selama memilih kondisi yang tepat, dikatakan John.

“Atmosfir Bumi di dekat permukaan jauh lebih padat daripada di dekat permukaan Mars, sekitar 100 kali. Tapi tinggi 37 km, kepadatan atmosfer di Bumi sangat mirip dengan 10 kilometer di atas Mars, yang kebetulan adalah ketinggian bahwa Mars 2020 akan menyebarkan parasutnya," jelas Ian Clark dari JPL, pimpinan teknis tes tersebut.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Nazaruli

Apa Reaksi Anda?