Salah Satu Bintang Tertua di Alam Semesta, Diam-diam Bersembunyi di Bima Sakti

Salah satu bintang tertua di alam semesta,b ersembunyi di Bima Sakti.
Theory
Salah satu bintang tertua di alam semesta,b ersembunyi di Bima Sakti.

JAKARTA, NNC - Salah satu bintang tertua di alam semesta diam-diam bersembunyi di Bima Sakti, sekitar 2.000 tahun cahaya dari Bumi.

Menurut sebuah studi baru yang diterbitkan dalam The Astrophysical Journal, bintang merah kecil berusia 13,5 miliar tahun itu mengandung hampir tidak ada unsur berat sama sekali, menunjukkan itu terbentuk dari awan materi sisa yang hampir murni dari sesaat setelah Big Bang.

Lebih jauh lagi, karena bintang kecil itu hanya sepertujuh massa Matahari dan terbuat dari materi primordial, itu membuat para astronom mempertimbangkan kembali demografi bintang-bintang pertama. Nenek moyang kuno bintang-bintang pertama yang terbentuk di jagat raya kemungkinannya berputar sekitar 200 juta tahun setelah Big Bang.

Bintang-bintang awal ini ditempa dari bahan yang tersedia bagi mereka pada saat itu, kebanyakan hidrogen, beberapa helium, dan sentuhan litium. Ketika bintang-bintang ini menjalani kehidupan mereka, mereka mengubah unsur pemula menjadi elemen yang semakin berat, yang oleh para astronom disebut “logam.”

Akhirnya, beberapa bintang awal ini meledak sebagai supernova, yang memuntahkan logam yang terperangkap ke dalam kosmos. Kemudian, bongkahan bintang-bintang berikutnya terbentuk dari awan-awan yang dihasilkan, sedikit diperlengkapi dengan logam.

"Matahari kita mungkin diturunkan dari ribuan generasi bintang masif berumur pendek yang hidup dan mati sejak Big Bang. Namun, yang paling menarik tentang bintang ini adalah mungkin hanya satu nenek moyang yang memisahkannya dan permulaan segalanya," kata penulis utama Kevin Schlaufman dari Johns Hopkins University dilansir dari laman Astronomy, Minggu (11/11/2018(.

Meskipun menemukan bintang yang sudah ada sejak tidak lama setelah Big Bang, perawakan kecil dari bintang tua, metal-poor (ringkas bernama 2MASS J18082002-5104378 B) juga sama menariknya.

Secara umum, para astronom berpikir bintang-bintang pertama di dunia itu sangat besar, dan hidup cukup singkat. Bahkan, hingga akhir 1990-an, banyak peneliti berpikir bahwa alam semesta awal hanya dapat membentuk bintang-bintang besar. Tapi pandangan itu perlahan berevolusi selama bertahun-tahun karena simulasi menjadi semakin canggih.

Sebagai contoh, sebuah studi Jepang pada tahun 2012 melakukan simulasi yang menunjukkan pembentukan bintang bermassa rendah di alam semesta awal yang berpotensi dipicu oleh ledakan supernova di dekatnya.

"Meskipun para astronom tidak benar-benar yakin betapa kecilnya 2MASS J18082002-5104378 B terbentuk, penemuan ini memberi tahu kita bahwa bintang-bintang pertama di alam semesta tidak harus semua menjadi bintang-bintang besar yang mati sejak lama," kata astrofisikawan Andrew Casey dari Monash University ke ScienceAlert.

Menurutnya, bintang-bintang kuno ini dapat terbentuk dari material yang sangat sedikit, yang berarti beberapa peninggalan setelah Big Bang yang masih ada hingga saat ini. "Itu memberi kita pandangan baru untuk pembentukan bintang di jagat raya awal," sambung dia.

Editor : Sulha Handayani