Astronom Internasional Temukan "Galaksi Hantu"

Penemuan
Phys
Penemuan

JAKARTA, NNC - Sebuah tim astronom internasional tidak dapat sepenuhnya menjelaskan keberadaan "galaksi hantu" yang mereka temukan sekitar 130.000 tahun cahaya dari tepi Galaksi Bima Sakti. Tim Astronom menemukan hantu Galaksi bernama Antlia 2 (atau Ant 2) dan digambarkan sebagai "hantu" karena anehnya galaksi.

Ant 2 agak besar untuk galaksi kerdil, ukurannya hampir sama dengan Large Magellanic Cloud (LMC) seluas 7.000 tahun cahaya, yang merupakan galaksi satelit terbesar di Bima Sakti. Namun itu 10.000 kali lebih redup daripada LMC.

Ant 2 memberikan cahaya yang sangat sedikit. Para peneliti juga menemukan bahwa Ant 2 memiliki massa rendah yang tidak terduga untuk ukurannya yang besar, menurut sebuah pernyataan.

Tim peneliti berpikir bahwa massa rendah ini berasal dari Ant 2 yang terkoyak oleh medan gravitasi Bima Sakti, kata rekan penulis Sergey Koposov dari Carnegie Mellon University mengatakan dalam pernyataan itu.

“Apa yang tidak dapat dijelaskan adalah ukuran raksasa objek itu. Biasanya, karena galaksi kehilangan massa terhadap gelombang Bima Sakti, mereka menyusut, tidak tumbuh, ”kata Koposov, dilansir dari laman Astronomy, Rabu (14/11/2018).

Ant 2 telah tidak terdeteksi sampai sekarang karena kepadatannya yang rendah dan "tempat bersembunyi" di balik piringan terang Bima Sakti. Tetapi tim riset yang berdedikasi telah berhasil menemukan Ant 2 dengan menjelajah jauh ke dalam data yang dikumpulkan oleh satelit Gaia dari Badan Antariksa Eropa, yang sejauh ini telah mengamati hampir 1,7 miliar bintang.

Para peneliti menyarankan, menurut pernyataan, bahwa mungkin, karena Ant 2 sangat berbeda dari galaksi katai lain yang ditemukan. Tim juga terus mencari data Gaia untuk galaksi “hantu” lain seperti Ant 2 agar menjawab pertanyaan tentang galaksi misterius lain yang serupa.

Editor : Widita Fembrian