Sabtu, 25 November 2017 | 07:03 WIB

  • News

  • Singkap Sejarah

Inilah 4 Pemimpin Perang Paling Kejam dalam Sejarah Dunia

Adolf Hitler, pemimpin Nazi Jerman
yesterday.uktv
Adolf Hitler, pemimpin Nazi Jerman

BERLIN, NETRALNEWS.COM - Di dunia ini lahir begitu banyak tokoh. Ada yang begitu hebat dan dihormati masyarakat dunia karena kepemimpinan mereka. Ada yang sangat dikagumi karena keberhasilan mereka dalam mengubah sejarah dunia. Ada yang ditakui karena kekejamannya.

Dunia memiliki sejarah yang sangat panjang. Jika kita meluangkan waktu sejenak untuk melihat seperti apa sejarah pada masa lampau, mungkin akan ada banyak pelajaran yang bisa kita ambil dari apa yang dilakukan para tokoh itu.

Dari sekian banyak peristiwa sejarah yang bergulir, ada beberapa sosok yang akibat perbuatannya, hingga menyandang sebagai pemimpin perang yang paling kejam di bumi ini.

Bahkan, beberapa dari mereka tega membunuh ratusan sampai ribuan hingga jutaan orang untuk memperoleh kekuasaan. Nah, tahukah anda siapa saja pemimpin perang tersebut?

1. Adolf Hitler

Siapa yang tak kenal dengan nama tokoh yang satu ini? Adolf Hitler adalah seorang pemimpin perang Jerman. Namanya selalu terkait dengan sebuah organisasi partai sekaligus militer, yaitu organisasi Nazi. 

Adolf Hitler, bahasa Jerman: [ˈadɔlf ˈhɪtlɐ); lahir di Braunau am Inn, Austria-Hongaria, 20 April 1889 – meninggal di Berlin, Jerman, 30 April 1945 pada umur 56 tahun) adalah seorang politisi Jerman dan ketua Partai Nazi (bahasa Jerman: Nationalsozialistische Deutsche Arbeiterpartei (NSDAP); Partai Pekerja Jerman Sosialis Nasional) kelahiran Austria.

Ia menjabat sebagai Kanselir Jerman sejak 1933 sampai 1945 dan diktator Jerman Nazi (bergelar Führer und Reichskanzler) mulai tahun 1934 sampai 1945. Hitler menjadi tokoh utama Jerman Nazi, Perang Dunia II di Eropa, dan Holocaust.

Atas kebijakan yang bersifat Supremasis, ia melenyapkan nyawa sekitar 50 juta orang selama Perang Dunia II terjadi. 

Peristiwa bersejarah yang tercatat dalam buku sejarah dunia adalah Holocaust. Peristiwa ini melenyapkan sekitar 6 juta jiwa warga Yahudi dan sekitar 5 juta jiwa suku non Arya.

2. Perdana Menteri Hideki Tojo

Tokoh Panglima Perang paling kejam selanjutnya datang dari Jepang. Panglima tersebut bernama Hideki Tojo. Tak hanya sebagai Panglima Besar, Hideki Tojo juga merupakan seorang Perdana Menteri Jepang yang ke-40. 

Hideki Tojo  adalah jenderal Jepang dan PM ke-40 Jepang (18 Oktober 1941-22 Juli 1944). Tojo ialah anggota klik tentara yang mendorong Jepang dalam perang di akhir 1930-an. 

Sebagai Menteri Perang pada 1940 ialah penolong dalam kepemimpinan Jepang dalam Blok Poros dengan Jerman Nazi dan Italia. Di antara keputusannya ialah izin persetujuan pemerintah dalam percobaan biologis terhadap para tawanan perang.

Mulai 1941, Tojo ialah PM dan menguasai seluruh militer Jepang, yang begitu mendominasi Jepang saat itu yang ia sesungguhnya ialah diktator bangsa. Ia digantikan pada 1944 menyusul serentetan kekalahan tentara Jepang. Setelah perang, ia menembak dirinya sendiri di dada untuk bunuh diri namun gagal.

Dia adalah sosok di balik pecahnya Perang Pasifik. Hideki juga pernah melakukan pelanggaran hukum internasional terhadap Amerika Serikat, Belanda, dan negara-negara di bawa Persemakmuran Inggris yang kemudian menyebabkan perang agresi.

3. Pol Pot, Khmer Merah (Pemimpin Partai Komunis Kamboja)

Dalam sejarah dunia, nama tokoh yang satu ini tidak asing di berbagai belahan dunia. Sebanyak lebih dari 3 juta jiwa penduduk Kamboja Tewas selama pemerintahan Rezim Khmer Merah, yaitu antara tahun 1975 sampai dengan 1979. 

Peristiwa Pembunuhan ini disebut dengan peristiwa Ladang Pembunuhan (The Killing Field). Rakyat Kamboja menjadi korban kerja paksa pada rezim ini. Penduduk kota dipaksa untuk bermigrasi ke desa dengan melakukan kerja paksa di berbagai Ladang Pertanian. 

Para penduduk tidak hanya mati karena kelelahan bekerja, tetapi juga karena kelaparan, kekurangan gizi, dan juga penyakit. Pada masa tersebut, setiap orang yang memberontak kediktatoran Pol Pot akan langsung disiksa dengan keji.

4. Maria Mandel, Wanita Nazi Terkejam 

Tak hanya Hitler yang populer pada masa rezim Nazi. Tokoh wanita bernama Maria Mandel juga menjadi salah satu sosok paling kejam pada rezim ini. 

Maria Mandel adalah seorang Perwira Militer Nazi dari Austrian SS-Helferin. Ia bertanggung jawab atas meninggalnya sekitar 500 ribu tahanan di Kamp Auschwitz-Birkenau. 

Kekejamannya akhirnya berakhir saat Ia ditangkap Tentara angkatan Darat Amerika Serikat pada tahun 1945 dan dihukum gantung.

Demikian adalah empat tokoh dari sekian banyak tokoh yang paling kejam di dunia. Faktanya, sosok kejam yang pernah ada di dunia tidak hanya dilakukan oleh laki-laki, namun perempuan pun memiliki andil juga.

Kemungkinan masih ada tokoh perang yang sangat kejam lainnya di dunia yang tidak terpantau. Tetapi, setidaknya di situlah 4 tokoh yang hingga saat ini diakui sebagai pemimpin perang yang tidak berperikemanusiaan atau tidak kenal belas kasihan. 

Dunia seperti tidak tahu apa motivasi di balik perang yang mereka lakukan dengan sangat kejam hingga mengorbankan jutaan nyawa manusia yang tidak berdosa itu. Semuanya seperti tinggal dalam bungkusan misteri.

Sumber:  Wikipedia dan Bukanrahasia

 

Editor : Thomas Koten

Apa Reaksi Anda?