Rabu, 13 Desember 2017 | 10:23 WIB

  • News

  • Singkap Sejarah

Mossad, Intelijen Israel, selalu Butuh Agen Perempuan (Bagian 3)

Tentara Perempuan Israel siap direkrut jadi agen Mossad
nasionalisme
Tentara Perempuan Israel siap direkrut jadi agen Mossad

TEL AVIV, NNC - Dinas intelijen Israel, Mossad berusaha meningkatkan kinerjanya dengan membuka penerimaan anggota baru dengan target khusus kaum perempuan.

Kenapa perempuan? Pasti punya alasan khusus, terutama karena perempuan punyak kelebihan. Di balik kelembutan perempuan pasti punya kelebihan dan kekuatan.

"Dibutuhkan perempuan yang memiliki kemampuan lebih, selain tentu harus cantik dan seksi," demikian isi iklan Mossad yang diterbitkan di surat kabar nasional di Israel suatu waktu dulu. Dalam iklan itu ditampilkan wajah seorang perempuan, tetapi agak dikaburkan.

Sejauh ini Mossad telah memiliki staf perempuan sejumlah 40% , dan 24% di antaranya berada di posisi penting dan berpengaruh,” kata media lokal Israel.

Seorang mantan kepala Mossad memuji peran agen perempuan Mossad yang disebutnya memiliki kelebihan dan kekuatan.

Seperti dikutip Jerusalem Post, Tamir Pardo, yang dicuplik Netralnews dari BBC.com, mantan kepala Mossad, mengungkapkan, pada tahun 2012, agen perempuan "memiliki kelebihan dalam perang rahasia karena kemampuan mereka dalam hal multitasking" dan mereka mampu "menekan ego untuk mencapai tujuan yang lebih besar dan egoistik".

"Bertolak dengan cara pandang selama ini, Anda melihat bahwa kemampuan perempuan lebih unggul ketimbang laki-laki dalam hal memahami wilayah, membaca situasi, serta kesadaran akan tempat," kata mantan kepala Mossad tersebut.

Dinas intelijen Israel, Mossad dirancang tahun 1049 dan resmi didirikan tahun 1951. Selama ini Mossad dikenal sebagai salah satu dinas rahasia intelijen yang paling ditakuti di dunia. Karena pengamatan mereka sangat akurat. Mungkin karena mendengar nama Israel dengan segala keunggulan saja sudah ngeri, iya pasti intelijennya pasti sangat mengerikan.

Dalam sejarahnya, agen Mossad memang  sering dipuji karena operasi inteljiennya yang tergolong berani dan sering kali dituduh melakukan pembunuhan yang keji terhadap target serangan.

Salah-satu operasi intelijen Mossad yang ambisius dengan jangkauan global adalah penangkapan penjahat perang Nazi Adolf Eichmann pada tahun 1960 di Argentina.

Sebuah aksi intelijen yang sangat fenemal yang tercatat dalam sejarah dunia.

Sumber: BBC.Com dan Buku Kiat Muslihat Mossad, Judul asli, By Way of Deception.

 

 

Editor : Thomas Koten

Apa Reaksi Anda?