• News

  • Singkap Sejarah

Di Tempat Kelahiran Yesus Sendiri, Ada yang Belum Rayakan Natal

Natal di Betlehem
natal25desember.wordpress
Natal di Betlehem

Berita Terkait

BETLEHEM, NNC-  Selain Yerusalem dan kompleks Al Aqsa, ada satu tempat lagi di Palestina dan Israel yang menjadi tempat suci bagi umat Nasrani yakni Bethlehem. Di sinilah, terdapat gereja yang diyakini sebagai tempat kelahiran Yesus.

Saat ini Bathlehem berada di bawah otoritas Palestina. Jarak Yerusalem ke Bethelehem sekitar 10 kilometer dengan waktu tempuh 30 menit. 

Di lokasi yang diyakini sebagai tempat kelahiran Yesus itu saat ini berdiri sebuah gereja bernama Church of Navity.  Gereja tersebut dibangun sekitar abad ke-4. 

Sejumlah literatur menyebut bahwa gereja tersebut dibangun pada tahun 327 hingga 333 masehi oleh Santa Helena, Ibu dari Kaisar Consstantine I. Gereja tersebut dikelola bersama oleh para pejabat Gereja Ortodoks Yunani, Gereja Katolik Roma, dan Gereja Apostolik Armenia.

Tempat Yesus dilahirkan berada di sebuah ruang bawah tanah di dalam Church of Nativity. Area itu diberi nama Grotto of Navity atau gua kelahiran, biasa juga disebut Palungan Kudus. 

Meskipun kecil, Kota Betlehem menduduki tempat khusus di kalangan umat Kristen. Karena di tempat inilah Yesus dilahirkan.

Lucunya, Natal dirayakan pada hari-hari yang berbeda di kalangan aliran utama agama-agama Kristen di sana.

Jauh sebelum menjadi tempat kelahiran Yesus, nama Betlehem (dalam bahasa Yahudi berarti Rumah Roti) sudah disebut dalam Kitab Perjanjian Lama.

Editor : Thomas Koten

Apa Reaksi Anda?