• News

  • Singkap Sejarah

Ini Asal Usul Nama Indonesia

Ilustrasi wilayah Indonesia.
Istimewa
Ilustrasi wilayah Indonesia.

JAKARTA, NNC - Sejarah mencatat bahwa istilah Indonesia pertama kali digagaskan oleh seorang berkebangsaan Inggris bernama George Samuel Windsor Earl dalam karya ilmiahnya. Dia berpendapat bahwa bangsa yang tinggal di kepulauan disebut dengan nama Indu-nesian dan Melayunesians.

George Samuel Windsor Earl menuliskan pendapatnya ini dalam tulisannya yang ia buat pada 1835 hingga 1850. Namun, Earl belum menetapkan nama yang pasti untuk penyebutan kepulauan tersebut, meski dia telah menemukan 2 kata dasar yang kemudian berkembang sebutannya menjadi Indonesia itu.

Ada juga seorang Inggris lainnya yang bernama James Richardson Logan yang menulis karangan ilmiah berjudul "The Ethology of The India Archipelago" pada 1850 dalam sebuah jurnal bernama "Journal of The Indian Archipelago and Eastern". Dalam jurnal tersebut, ia jelas menyebut kata Indonesia.

Kemudian, nama The Malay Archipelago ini digunakan juga oleh Alfred Russel Wallace. Dia menyebut nama itu pada 1869 setelah ia berkunjung ke Indonesia yang waktu itu belum bernama Indonesia, pada 1854 hingga 1682.

Nama Indonesia semakin populer melalui tulisan orang Inggris bernama Maxwell dalam tulisannya yang berjudul "The Island of Indonesia" (Kepulauan Indonesia) pada tahun 1862.

Selain itu, ada juga ahli ethnologi yang lain, Adolf Bastian, seorang Jerman yang menggunakan nama Indonesia pada tahun 1884 dalam tulisannya yang diberi nama "Indonesien Oder die Inseln des Malayischen Archipel".
 
Kemudian, seorang ahli hukum adat yang bernama C Van Vollenhoven juga sering menggunakan nama Indonesier sebagai pengganti nama Inlander dalam karangannya yang diberi judul "Het Adatrecht van Nederlands-Indie".

Sedangkan, orang asli Indonesia yang mula-mula menggunakan nama Indonesia adalah Suwardi Suryaningrat atau yang lebih kita kenal dengan nama Ki Hajar Dewantara. Beliau menggunakan nama Indonesische Pers-bureau sebagai nama sebuah biro pers ketika dibuang ke Belanda tahun 1913.

Nama Indonesia diketahui berasal dari bahasa Yunani, yaitu Indo (India/Hindia) dan Nesos (kepulauan) atau “Indo” dan “Neise” yang berarti Kepulauan Hindia.

Dengan kata lain, Indonesia berarti Kepulauan Hindia atau India. Selain itu, Indonesia juga dikenal dengan nama Nusantara, yang berasal dari bahasa Jawa kuno, yaitu Nusa (pulau) dan Antara (hubungan).

Sedangkan nama Indonesia secara politik digunakan pertama kali oleh Perhimpunan Mahasiswa Indonesia, yaitu organisasi yang didirikan oleh pelajar-pelajar Indonesia di Negeri Belanda pada tahun 1908.
 
Organisasi tersebut pertama kali bemama Indische Vereeniging. Kemudian nama itu diganti menjadi Indonesische Vereeniging pada tahun 1922. Pada tahun yang sama namanya diganti menjadi Perhimpunan Indonesia.

Selain itu, menurut sejumlah sumber lain yang ditelusuri, dikatakan terdapat 6 nama lain sebelum diresmikan menjadi Indonesia seperti sekarang. Artinya, sejauh ini sederet nama pernah menjadi nama negara Indonesia

1.Indu-nesian dan Melayunesians
Indu-nesian dan Melayunesians, adalah seperti disebutkan di atas, berasal dari seorang berkebangsaan Inggris bernama George Samuel Windsor Earl dalam sebuah karya ilmiahnya yang menyebutkan nama itu.

2.Hindia
Jauh sebelum bernama Indonesia, negara kita sempat diberi nama Hindia. Nama Hindia ini menjadi begitu terkenal setelah bangsa Portugis di bawah pimpinan Vasco da Gamma menemukan pulau ini dengan menyusuri Sungai Indus sekitar tahun 1498 Masehi.

3. Nederlandsch Oost-Indie/Nederlandsch Indie
Terlihat dari namanya tentu saja diketahui bahwa nama tersebut diberikan oleh orang  Belanda yang menguasai tanah air di zaman dahulu. 

4. Insulinde
Nama Insulinde merupakan sebuah nama yang diprakarsai oleh Douwes Dekker dalam bukunya yang berjudul “Max Havelaar” pada tahun 1860. 

Menurut catatan sejarah, nama Insulinde berasal dari bahasa Latin yang diambil dari padanan suku kata “Insulair”, yakni Insula dan Indus yang berarti Pulau Hindia.

5. Nusantara
Nama Nusantara memang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Bukan hanya panggilan, Nusantara ternyata pernah menjadi nama bagi Indonesia pada zaman dahulu.

Nusantara ditemui pada perpustakaan India Kuno yang menyebut negara ini sebagai Nusantara.

6. The Malay Archipelago
Nama The Malay Archipelago berarti menguasai laut atau kumpulan pulau-pulau Melayu. Nama ini pertama kali disebutkan seorang Inggris lainnya yang bernama James Richardson Logan, yang kemudian diikuti Alfred Russel Wallace seperti disinggung di atas setelah ia berkunjung ke tanah air di tahun 1854 hingga 1682.

Dalam perkembangan selanjutnya barulah kita kenal sebutan Indonesia yang secara politik seperti yang dipaparkan di atas, yang ditegaskan oleh perhimpunan mahasiswa.

Penulis : Thomas Koten
Editor : Y.C Kurniantoro
Sumber : Dari berbagai sumber

Apa Reaksi Anda?