Rabu, 28 Juni 2017 | 09:05 WIB

  • News

  • Singkap Sejarah

Sayangi dan Peringati Hari Ayah 

Illustrasi. Hari ayah
Wikipedia
Illustrasi. Hari ayah

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Tidak hanya hari Ibu atau Hari Anak, penghargaan kepada ayah juga perlu dilakukan. Sebab itu, Hari Ayah di beberapa negara pun digelar, meskipun masing-masing negara peringatannya jatuh pada tanggal dan bulan yang berbeda.

Hari Ayah adalah hari untuk menghormati ayah. Sementara di Amerika, dan lebih dari 75 negara lain, seperti Kanada, Jerman, Italia, Jepang, Belanda, Turki, Pakistan, Malaysia, Singapura, Taiwan, Filipina, dan Hongkong dalam Hari Ayah atau Father’s Day (dalam bahasa Inggris) dirayakan pada hari Minggu di pekan ke tiga bulan Juni, dan dirayakan hampir di seluruh dunia yang dimulai pada awal abad ke-12. 

Biasanya Hari Ayah dirayakan dengan pemberian hadiah kepada ayah dan kegiatan kekeluargaan. Selain semua itu juga Ayah adalah tulang punggung, sandaran, dan pelindung dalam sebuah rumah tangga. Di beberapa negara Eropa dan Timur Tengah, Hari Laki-laki Internasional atau International Men's Day (dalam bahasa Inggris) diperingati setiap bulan 19 November.

Di Indonesia sendiri Hari Ayah dirayakan pada tanggal 12 November. Hari Ayah pertama kali dideklarasikan di Solo pada tahun 2006, di masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono.

Sejumlah negara yang menggelar peringatan Hari Ayah pada 19 sampai 27 Juni adalah Amerika Serikat Sementara, Serbia 6 Januari, Rusia 23 Februari, Andoora, Bolivia, Honduras, Italia, Liechtenstein, Makau, Portugal, Spanyol, 19 Maret.

Sedangkan Tonga, 16 Mei, Jerman, Lituania 6 Juni, Denmark, Austria, Belgia, 13 Juni. 

Amerika Serikat dan sejumlah negara lain jatih pada 19 Juni seperti Argentina, Antiqua, Barbuda,Argentina, Bahama, Bangladesh, Barbadoz, Bulgaria, Chili, Tiongkok, Kolombia, Kanada, Kostarika, Kuba, Siprus, Ceko, Ekuador, Ethiopia, Perancis, Ghana, Yunani, Guyana,Hong Kong, Hongaria, India, Republik Irlandia Irlandia, Jamaika, Jepang, Malaysia, Malta, Mauritius.

Juga Meksiko, Myanmar, Belanda, Pakistan, Panama, Paraguay, Peru, Filipina, Puerto Riko, Saint Vincent dan Grenadine, Singapura, Slowakia, Afrika Selatan, Sri Lanka, Swiss Switzerland, Trinidad dan Tobago Trinidad, Turki, Ukraina, Britania Raya Britania Raya, Venezuela Venezuela, Zimbabwe ,El Salvador, Guatemala, Mesir, Lebanon, Yordania, Suriah, Uganda, Nikaragua Nikaragua Haiti Haiti, Uruguay, Republik Dominika Republik Dominika.

Brasil sendiri 8 Agustus diikuti Samoa, Taiwan, Australia, Fiji, Selandia Baru, Papua Nugini, 5 September. Nepal sendiri di tanggal 20 Agustus,

3 Oktober Luksemburg, sedangkan Indonesia jatuh pada 12 November, Estonia 14 November bersama Finlandia, Islandia, Norwegia, Swedia, Thailand 5 Desember, Bulgaria 26 Desember.

Editor : Marcel Rombe Baan
Sumber : Wikipedia/Diolah

Apa Reaksi Anda?