• News

  • Sisi Lain

Film-Film Horor Ini Konon Mengandung Kutukan

Film
thecinemile
Film "The Exorcist" (1973)

JAKARTA, NNC - Film adalah hasil karya tentang sebuah cerita, baik fiksi atau nonfiksi, yang ditujukan untuk memberi hiburan bagi masyarakat atau mendokumentasikan suatu peristiwa.

Ada berbagai macam genre film, salah satunya adalah film horor yang banyak diminati pemirsa film sedunia. Film horor memang selalu menarik untuk dibahas. Meskipun mengerikan, tetapi penggemarnya tak pernah surut.

Selama kita tahu bahwa film itu hanya sebatas fiksi, memang genre horor merupakan jenis film yang paling asik ditonton. Konon, ada sejumlah film horor terkenal yang mengandung kutukan.

1. "Pocong" (2006, Indonesia)
Film ini sebelum dirilis berjudul "Dendam Pocong" yang mengambil latar belakang kerusuhan 1998 di Indonesia, dan bisa dikatakan terlalu seram dan sadis.

Akhirnya Lembaga Sensor Film Indonesia memutuskan untuk tidak meluluskan film tersebut ke pasaran. Di samping itu, film ini juga mengandung kutukan.

Antara lain, seorang kru film saat perjalanan pulang dengan sepeda motor, merasa ada yang mengikutinya di belakang, yang akhirnya menyebabkan dia mengalami kecelakaan.

Selain itu, salah satu pemain film mengalami depresi secara tiba-tiba, sehingga harus dirawat di rumah sakit selama beberapa pekan. Ada juga yang kesurupan saat film ini dirilis.

Salah satu kamerawan mengatakan, dia melihat wanita berlumuran darah merangkak di toilet lokasi shooting. Siapakah wanita itu? Hanya Allah yang tahu

2. "Poltergeist" (1986, Amerika Serikat)
Trilogi horor laris ini dipercaya sebagai salah satu film paling terkutuk. Konon, rangka manusia asli digunakan dalam pembuatan film, sehingga wajar terjadi kutukan pada orang-orang yang terlibat di sana.

Heather O’Rourke pemeran Carol Anne di film ini meninggal di usia 12 tahun. Dominique Dunne yang berperan sebagai kakak Carol Anne juga meninggal dibunuh kekasihnya pada tahun film ini dirilis. Pemeran "Poltergeist 2", Will Sampson dan Julian Beck juga meregang nyawa. Selain itu, ada banyak kecelakaan yang terjadi di lokasi shooting.

3. "Exorcist" (1973, Amerika Serikat)
Film ini merupakan salah satu film horor terbaik sepanjang masa yang menceritakan seorang gadis remaja yang kerasukan arwah setelah memanggil hantu dengan bermain papan Ouija.

Selain kisah dalam film ini yang bisa membuat penontonnya menjerit, kisah di balik film ini juga tak kalah menyeramkan.

Tak lama setelah film ini dirilis, aktor Hack MacGowran meninggal dunia karena komplikasi flu. Kemudian disusul oleh aktor Lee J Cobb yang juga meninggal tiga tahun setelah film dirilis.

Sementara itu, aktor Max Von Sydow mengalami musibah karena saudara laki-lakinya meninggal saat proses produksi film. Selain itu, bayi dari kamerawan yang terlibat dalam pembuatan filim ini meninggal dunia dan seorang tukang kayu kehilangan jari-jarinya saat sedang menyiapkan properti film.

Konon, semua kemalangan itu adalah kutukan dari film horor ini.

4. "The Ring" (1998,Jepang)
Tak sedikit orang yang mengenal sosok hantu bernama Sadako. Kebanyakan orang menganggap bahwa hantu tersebut berasal dari film horor Hollywood berjudul "The Ring" yang sebetulnya merupakan hasil produksi ulang (remake) dari film horor Jepang terseram berjudul "Ringu".

Terbit pada tahun 1998, film bergenre horor misteri ini bisa dikatakan membawa ide segar ke dunia perfilman, khususnya untuk genre yang menimbulkan suasana mengerikan.

Namun, yang lebih mengerikan, anak salah satu kamerawan kerasukan setan, petugas keamanan yang menjaga lokasi shooting tiba-tiba mengalami kejang, dan istri sutradara film mengalami halusinasi. Entah itu kebetulan atau kutukan.

5. "The Omen" (1976, Inggris)
Baik "The Omen" original maupun versi remake dianggap terkutuk karena berhubungan dengan tokoh anti-Kristus yang dibahas di dalamnya. Bayangkan saja, deretan kecelakaan mengerikan dan kematian membayangi orang-orang yang terlibat dalam pembuatan film ini.

Pesawat yang dinaiki aktor Gregory Peck dan penulis naskah David Seltzer tersambar petir, sementara sang produser Richard Donner juga hampir tersambar petir ketika di Roma, Italia.

Selain itu, kecelakaan mobil menimpa sejumlah orang yang terlibat dalam pembuatan film itu, termasuk pengarah efek khusus dan sutradara film ini sendiri. Bahkan, masih banyak lagi kemalangan yang dialami para staf yang terlibat dalam pembuatan film ini.

Reporter : Albert Adji
Editor : Y.C Kurniantoro

Apa Reaksi Anda?