• News

  • Sisi Lain

Kekuatan Magis di Makam Ini Mampu Jatuhkan Pesawat

Makam Pangeran Purboyo di Sleman, Yogyakarta
yogyakarta.panduanwisata
Makam Pangeran Purboyo di Sleman, Yogyakarta

YOGYAKARTA, NNC - Setiap makam diyakini memiliki kekuatan magis. Kekuatan magis dari makam yang satu berbeda dengan makam lainnya. Ada makam yang memiliki kekuatan magis yang sangat tinggi dan ada yang kekuatan magisnya biasa-biasa saja.

Orang-orang yang selama hidupnya terkenal sakti mandraguna, makamnya pun diyakini memiliki kekuatan magis yang tinggi sehingga menjadi angker dan keramat. Sedangkan orang biasa, makamnya pun biasa-biasa saja dan tidak menjadi angker atau menyeramkan.

Itulah yang terjadi dengan Makam Purboyo. Makam ini merupakan tempat peristirahatan terakhir Pangeran Purboyo, putra Panembahan Senopati. Makam ini terkenal sangat keramat dan terletak di Kompleks Pemakaman Wot Galeh, Sleman, Yogyakarta.

Penduduk sekitar percaya bahwa makam ini memiliki kekuatan magis. Jika ada pesawat yang melintas di atasnya, maka pesawat tersebut akan jatuh.

Peristiwa tragis yang pernah terjadi pada Minggu (20/12/2015), di mana pesawat T50i Golden Eagle terjatuh di Kompleks Lanud Adisucipto, Yogyakarta, adalah salah satu buktinya.

Banyak warga di sekitar Lanud Adisucipto menduga bahwa penyebab jatuhnya pesawat itu adalah karena pesawat melintas di atas makam Purboyo.

Semua penerbang atau pilot di Lanud Adisucipto sebenarnya sudah mengetahui mitos tentang Makam Purboyo. Namun entah mengapa, pilot  pesawat T50i Golden Eagle tidak menghiraukan larangan tersebut. Meskipun masih berupa dugaan, fenomena seperti itu tak ada salahnya untuk tidak diabaikan. 

Di Kompleks Pemakaman Wot Galeh sendiri setiap malam Selasa Kliwon atau Jumat Kliwon selalu ramai didatangi para peziarah yang ingin melakukan tirakat.  

Peziarah biasanya tirakat di makam Pangeran Purbaya dan makam ibunya, yaitu Ratu Giring. Di antara peziarah juga ada yang memanfaatkan masjid yang dibangun di kompeks tersebut untuk berdoa.

Di bagian belakang masjid, ada sebuah sumur yang konon dibuat ketika Pangeran Purbaya masih hidup. Sumur itu masih berfungsi hingga kini. Mereka yang akan menjalani tirakat biasanya akan memulainya dengan mengguyur badan menggunakan air sumur sebanyak tujuh kali.

Berdasarkan "Babad Tanah Jawi", Pangeran Purboyo adalah putra Penembahan Senopati dari Rara Lembayung, putri Ki Ageng Giring, dari Mataram (abad ke-17). Karena kesaktiannya, Purboyo diangkat menjadi senopati perang Mataram ketika Sultan Agung bertahta.

Salah satu kesaktian yang dimiliki oleh Pangeran Purboyo adalah mampu membuat peluru langsung hanya dengan menggunakan tangan. Peluru yang dibuat bisa dihancurkan dengan tangannya juga.

Pangeran Purboyo juga dipercaya dapat membelah pusaka, yang memiliki kodam tinggi, sehingga menjadi dua bagian hanya dengan menggunakan tangan dan kukunya. Konon ada pusaka yang dibelah oleh Pangeran Purboyo, namun hingga kini pusaka itu tidak diketahui keberadaannya.

Menurut cerita, pusaka yang dibelah Pangeran Purboyo itu adalah pusaka dari para prajurit atau angkatan perang yang hendak menyerang Mataram. Dengan aksi itulah, para prajurit menyerah dan mengurungkan niat untuk menyerang Mataram.

Penulis : Thomas Koten
Editor : Taat Ujianto
Sumber : Dari berbagai sumber

Apa Reaksi Anda?