• News

  • Sisi Lain

Beginilah Tanda-Tanda jika Rumah atau Kantor Berhantu

Ilustrasi rumah berhantu
youtube
Ilustrasi rumah berhantu

JAKARTA, NNC - Berbicara atau bercerita tentang hantu, jin, atau makhluk gaib, memedi, atau makhluk siluman, seperti pocong, kuntilanak, genderuwo, dan sejenisnya, tentu membuat orang tidak nyaman. Mengapa? Hantu selalu digambarkan sebagai sosok yang menakutkan atau menyeramkan.

Lagi pula, dalam kehidupan kita di dunia ini, pada kenyataannya lekat dengan hal-hal berbau gaib. Hal ini bukan hanya terjadi di Indonesia atau karena budaya Timur, tetapi dapat dikatakan bahwa di semua bangsa manapun memiliki mitos sendiri-sendiri.

Lucunya, kita kadang-kadang justru senang saling menakut-nakuti teman atau saudara kita tentang sosok hantu, jin, dan makhluk gaib yang menyeramkan itu.

Sebenarnya, jenis hantu itu berbeda-beda. Ada hantu yang senang mengganggu dan ada pula yang tidak.

Makhluk gaib atau hantu, jin atau siluman, bisa berada di mana saja termasuk di dalam rumah, di kantor, atau di tempat usaha kita.

Apakah rumah, kantor, atau tempat usaha Anda termasuk ke dalam kategori sebagai tempat berhantu? Bagaimanakah cara mengetahuinya?

Penyebab bangunan dihuni oleh hantu

Umumnya, hantu tidak dapat terlihat. Hanya orang yang punya kemampuan khusus saja yang bisa melihat hantu secara langsung.

Namun terkadang, walaupun kita bukanlah orang yang memiliki kemampuan khusus, terkadang bisa merasakan suatu keanehan meski kita tidak dapat melihat wujudnya.

Rumah, kantor, atau tempat usaha adalah tempat yang tak luput dari incaran hantu. Namun, dalam kasus tertentu, ada pemilik rumah, kantor, atau tempat usaha yang justru sengaja mendatangkan makhluk gaib atau siluman untuk maksud tertentu.

Istilah yang lazim digunakan adalah mendatangkan roh halus untuk penglaris.

Lalu, bagaimana kita bisa mengerling semua ini? NNC kali ini akan mencoba memaparkan beberapa penyebab mengapa rumah, kantor, atau tempat usaha dihuni oleh hantu, yaitu sebagai berikut.

1.   Banyak gambar bernyawa dan patung

Rumah atau kantor dengan banyak hiasan berupa gambar makhluk bernyawa dan patung yamg membuat terkesan seram dan angker, dipercaya akan mengundang hantu untuk menghuni tempat tersebut.

Kenapa itu bisa terjadi? Karena hiasan yang terlalu banyak bisa membuat aura positif pergi dari rumah dan diganti aura negatif.

2.   Memiliki ruangan tak terpakai dalam waktu lama

Karena tidak digunakan terlalu lama, hantu atau makhluk gaib biasanya sangat menyukainya. Ruangan yang kosong biasanya tidak terawat dan kotor sehingga mengundang hantu untuk berdiam di sana.

Oleh sebab itu, meski ruangan tak terpakai, sebaiknya tetap selalu dibersihkan atau tetap difungsikan untuk suatu kegiatan. Dengan demikian, aura positif dari diri manusia dapat membuat hantu tidak betah tinggal di tempat itu.

3.   Dibiarkan kosong terlalu lama

Ruangan kosong dan tak berfungsi saja disukai oleh hantu, apalagi rumah atau gedung yang dibiarkan kosong terlalu lama. Tempat itu bisa menjadi “sarang” hantu. Artinya, hantu yang menghuni bisa tidak hanya satu.

Tanda-tanda bangunan dihuni hantu

Selain mengungkap penyebab rumah, kantor, atau tempat usaha dihuni hantu, perlu juga kita mengetahui bagaimana tanda-tanda jika suatu rumah, kantor, atau tempat usaha sudah dihuni oleh hantu. Berikut adalah tanda-tandanya.

1.   Hawa terasa lembab

Jika hawa rumah, kantor, atau tempat usaha Anda selalu terasa lembab dan basah, maka patut dicurigai bahwa tempat tersebut adalah berhantu. Mengapa?

Karena semua hantu atau roh halus memang sangat menyukai hawa lembab. Selain itu, hawa lembab mengeluarkan energi yang mengundang datangnya roh halus.

2.   Sering tercium bau aneh

Bila sering tercium suatu aroma tertentu secara tiba-tiba di rumah, kantor, atau tempat usaha Anda padahal tidak ada pemicunya, maka sebaiknya Anda berhati-hati.

Yang dimaksud aroma tertentu contohnya kemenyan, bunga melati, aroma tanah kuburan, singkong bakar, dan lain-lain.

3.   Gangguan pada aliran listrik

Aliran listrik sering tiba-tiba mati sendiri tanpa ada sebab atau masalah. Menurut Association for the Scientific Study of Anomalous Phenomena, hantu ternyata dapat menghasilkan perubahan medan listrik statis atau bahkan ion udara negatif.

4.   Asal-usul bangunan atau rumah

Tidak jarang sebuah rumah dibangun di atas lahan bekas kuburan atau di atas tempat angker. Karena itu, biasanya penunggu yang lebih lama dan lebih dulu berada di area tersebut, tidak rela jika harus pindah.

Atau, mungkin di rumah itu pernah terjadi pembunuhan atau kematian tidak wajar. Orang yang mati tidak wajar, diyakini rohnya selalu bergentayangan di sekitar tempat itu.

Karena itu, apabila Anda hendak beli rumah atau kantor atau tempat usaha, pastikan dahulu asal-usul dan sejarah rumah atau kantor tersebut.

 

Penulis : Thomas Koten
Editor : Taat Ujianto

Apa Reaksi Anda?