• News

  • Sisi Lain

Ke Mana Perginya Misteri Penampakan Wanita-Wanita Cantik di Karawaci?

Pencarian para korban yang mati terbakar dalam kerusuhan Mei 1998 di RSCM
dokumen-TRK
Pencarian para korban yang mati terbakar dalam kerusuhan Mei 1998 di RSCM

TANGERANG, NNC - Supermal Karawaci adalah pusat perbelanjaan terbesar di Provinsi Banten yang berada di kawasan Lippo Karawaci, Tangerang.

Di Supermal Karawaci ini terdapat beberapa toserba seperti Matahari Department Store, Debenhams, Autobacs, Hias, dan H&M.

Supermal Karawaci juga merupakan satu dari sedikit mal di Indonesia yang menghadirkan tiga hypermarket besar dalam satu gedung yaitu Hypermart, Carrefour, Foodmart Gourmet.

Di sini juga ada Timezone terbesar se-Asia Tenggara, Roller-Coaster, dan berbagai heavy-game lainnya. Jangan lewatkan juga arena bermain lainnya seperti Amazone dan Lollipop's. Selain itu, ada juga Ace Hardware, Informa, Gramedia, Cinema 21, Cinema XXI, dan The Premiere.

Mal ini berdiri pada tahun 1992 dan dikenal dengan nama Lippo Supermall Karawaci. Luas awal mal ini hanya sebesar 32.000 meter persegi dengan Mega M & Galeria Deptstore, Wal-Mart dan JC Penney sebagai tenant (penyewa) utama.

Seiring dengan tumbuhnya permintaan, pada tahun 1995 mal ini diperluas dengan phase dua yang menambahkan 40.000 meter persegi sehingga luasnya menjadi 72.000 meter persegi. Jumlah tenant pada saat itu sebanyak 250 tenant.

Pada 10 April  2006, Supermal Karawaci 2 dengan luas 130.000 meter persegi,  dibuka untuk masyarakat. Dengan lebih dari 600 toko, Supermal Karawaci 2 bisa melayani kebutuhan sehari-hari masyarakat Tangerang.

Pada saat itu, tempat ini menjadi pusat belanja paling mewah di Tangerang. Namun kemudian berdiri juga pusat perbelanjaan lain seperti Metropolis, Tangerang City, dan lain-lain.  

Di balik kemewahan itu, apakah Anda tahu bahwa Supermal Karawaci itu menjadi salah satu supermal yang angker dan menyeramkan? Apakah Anda juga tahu tentang cerita banyak hantu yang menghuni mal?

Cerita mistis itu ada sejarahnya. Supermal Karawaci memiliki asal-usul mengapa dianggap angker.

Pada Mei 1998, terjadi peristiwa kelam dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia. Kala itu, terjadi peristiwa kerusuhan besar yang meninggalkan luka mendalam bagi banyak pihak.

Demonstrasi besar-besaran yang kemudian berhasil menumbangkan rezim Orde Baru berbuntut kerusuhan, penjarahan, dan ribuan nyawa melayang. Indonesia berduka.

Duka itu juga dialami berbagai pihak yang memiliki toko dan pusat perbelanjaan yang menjadi target penjarahan oleh orang-orang yang diprovokasi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung-jawab.

Supermal Karawaci Tangerang adalah salah satu dari banyak mal yang menjadi sasaran penjarahan dan pembakaran. Pascapenjarahan, ternyata di lokasi itu ditemukan banyak korban meninggal dalam kondisi mengenaskan. Sama halnya juga terjadi di mal Klender, Jakarta Timur.

Menurut para saksi peristiwa, para korban meninggal di Supermal Karawaci berasal dari penonton yang sedang berada di dalam gedung bioskop.

Amukan si jago merah yang berkobar akibat pecahnya kerusuhan tidak diketahui oleh pengunjung yang tengah asik menonton film karena ruangan kedap suara.

Peristiwa kebakaran yang meluluhlantakkan gedung bioskop beserta isinya itu, kabarnya telah menjadikan gedung bioskop Supermal Karawaci sebagai tempat angker dan menyeramkan.

Tersiar kabar tentang berbagai fenomena mistis dalam bioskop. Peristiwa mistis terkait bioskop angker ini pernah dialami oleh salah satu pengunjung yang sedang mengantri film di sana.

Diceritakan bahwa saat menunggu film diputar, sang narasumber mendengar suara tawa yang ramai dari salah satu ruang teater. Seakan teater itu tengah memutar film lucu dengan penonton yang memenuhi ruangan. 

Namun betapa kagetnya narasumber itu ketika film tersebut selesai. Ternyata hanya ada empat orang penonton yang keluar dari dalam teater. Kehadiran empat orang penonton pun itu telah dipastikan, karena tidak ada jalan keluar lainnya.

Karena kawatir dan takut terjadi sesuatu, sang narasumber memutuskan untuk tidak jadi menonton film di bioskop itu. Ia memilih membatalkan tiketnya karena kawatir dihantui para penghuni bioskop.

Peristiwa mistis lainnya adalah kejadian kesurupan massal. Belasan SPG Matahari Department Store yang berada di mal tersebut, saat tengah bekerja tiba-tiba terjatuh di lantai sambil berteriak-teriak. Peristiwa kesurupan itu dikabarkan terjadi selama dua hari berturut-turut.

Laporan mistis lainnya adalah banyaknya orang tua yang mengaku anaknya mengalami perilaku aneh usai berbelanja di tempat itu. Anak mereka selalu terganggu saat tidur malam. Si anak menangis sambil berteriak histeris seperti ketakutan melihat makhluk gaib.

Ketika orang tua itu mendatangi orang pintar, diketahui bahwa ternyata anak mereka diikuti oleh roh halus penghuni Supermal Karawaci. Kata orang pintar itu, “Berbagai sudut ruangan di Supermal itu dihuni oleh makhluk gaib.”

Sosok makhluk gaib itu beragam. Namun, menurut orang pintar tersebut, banyak  juga yang penampakannya sangat cantik. Dan hal ini diakui oleh banyak SPG yang pernah melihat penampakannya.

Diduga, roh halus dengan sosok wanita cantik itu adalah para korban kerusuhan Mei 1998 yang berasal dari dalam bioskop. Sebab, korban dari lokasi bioskop yang terbakar memang mayoritas adalah perempuan yang masih muda. Jumlahnya ratusan.

Hanya saja, perlu diketahui masyarakat, fenomena mistis di Supermal Karawaci itu kini sudah tidak terdengar lagi. Banyak warga masyarakat tidak tahu dan tidak menyadarinya, ke mana perginya roh-roh halus itu?

Ada banyak kemungkinan. Pihak pengelola Supermal Karawaci pasti tidak menginginkan tempat usahanya dihuni roh halus. Hal itu sangat berdampak negatif bagi para calon pengunjung. Maka, mereka pasti telah melakukan berbagai usaha untuk mengusir roh halus itu.

Hal ini dibenarkan juga oleh salah satu SPG yang mengaku bernama Nita. Ia mengatakan, “Tahun 2000-an, cerita tentang hantu di mal ini banyak sekali. Namun cerita itu kini sudah tidak ada. Semua pengunjung bisa berbelanja dengan nyaman,” katanya.

Penulis : Thomas Koten
Editor : Taat Ujianto
Sumber : dari berbagai sumber

Apa Reaksi Anda?