• News

  • Sisi Lain

Mengapa Hantu Mahasiswi Gantung Diri Menggerayangi Mahasiswa UI?

Pemandangan danau dan gedung-gedung di kampus UI Depok
kampusaja.com
Pemandangan danau dan gedung-gedung di kampus UI Depok

DEPOK, NETRALNEWS - Di kampus Universitas Indonesia (UI), Depok, Provinsi Jawa Barat, banyak pemuda dan pemudi dari berbagai daerah bertemu dalam tujuan yang sama, yaitu menimba ilmu di alamamater tercinta.

Bila ditanya untuk apa mereka kuliah di UI, semua pemuda dan pemudi dari Sabang sampai Merauke itu mungkin akan menjawab: “Untuk meraih ilmu dan keahlian tertentu sehingga bisa berkontribusi membangun Indonesia tercinta.”

Masa muda, masa-masa menjadi mahasiswa adalah masa yang indah. Maka, bagi kalian yang saat ini menjadi mahasiswa, nikmati dan gunakan masa-masa itu dengan penuh penghayatan. Ketika kalian menjadi tua, semua itu akan menjadi harta kenangan yang indah dan tak terkira harganya.

Namun, dari sekian ribu atau jutaan mahasiswa (termasuk mahasiswa perempuan atau mahasiswi), tak jarang mengalami masa-masa sulit. Jauh dari orang tua, kadang ada yang kuliah sambil bekerja, ada yang mengalami kesulitan membayar biaya kuliah, ditagih biaya kos, hutang, terganggu pacar, dan sebagainya.

Di masa penuh ujian kehidupan itu, ada sekian banyak yang akhirnya mengalami peristiwa tragis. Ada yang saking stresnya memutuskan bunuh diri. Hal ini patut disayangkan, dan semoga tidak ditiru mahasiswa lainnya.

Di balik cita-cita tinggi, pasti ada banyak rintangan dan godaan yang menghalangi proses melewati atau melampaui rintangan tersebut. Dan itu semua adalah bagian dari proses ujian di luar bidang akademis.

Semua tuntutan akademis maupun non akademis harus bisa dilalui.

Dan perlu diingat, mereka yang menimba ilmu di kampus UI mungkin tak heran dengan banyaknya cerita misteri di sekitar UI.

Cerita tentang keberadaan hantu-hantu yang berkeliaran di sekitar kampus UI, Kota Depok, Jawa Barat, adalah persoalan lain di luar tuntutan kampus.

Namun, cerita misteri itu dipercaya masyarakat memang benar-benar ada dan bahkan hidup hingga kini. Cerita berbau mistis itu seringkali menjadi bahan percakapan tanpa sadar di kalangan mahasiswa maupun masyarakat sekitar UI.

Pertanyaannya, bagaimana cerita misteri itu menjadi ada? Mengapa ada hantu yang menggerayangi mahasiswa dan mahasiswi UI? Untuk apa masyarakat mempercayai mitos hantu dari mulai hantu perempuan gantung diri hingga hantu mahasiswi berkebaya?

Semoga dengan tulisan sederhana ini, khususnya bagi mahasiswa, mahasiswi, dan orang tua yang putra-putrinya sedang menjalani kuliah di kampus UI, dapat menyimpulkan jawabannya. Yang pasti, cerita mistis itu lahir bukan tanpa sebab.  

Ia lahir dari pengalaman orang-orang yang bergulat menghadapi tantangan hidup yang kadang terasa di luar nalar.

Ketakutan akan kegagalan, harapan menggebu namun berat dijalani, kekawatiran kegagalan, diganggu oleh pacar, terperosok dalam tindakan terlarang saat berpacaran, dan sebagainya. Semua itu telah melahirkan energi bawah sadar yang sulit didefinisikan.

Dan secara sederhana, semua itu ingin mengatakan bahwa mahasiswa yang ingin lulus cum laude dalam segala hal, jangan sampai jatuh dan hancur seperti mahasiswa lain yang pernah gagal.

Dan ternyata, tidak sedikit mahasiswa yang gagal. Penyebabnya pun beragam.

Ada yang putus asa akhirnya bunuh diri dengan cara gantung diri; ada yang gagal karena menjadi korban pembunuhan dan ditenggelamkan di danau kampus UI; ada juga yang gagal karena kecelakaan tertabrak kereta api; dan lain sebagainya.

Masyarakat tidak ingin kegagalan-kegagalan itu terulang. Sebab, bila terjadi, ada luka dan duka. Duka dan luka itu ibarat “hantu” yang bergentayangan dan mengganggu orang tua, teman-teman sesama mahasiswa,  masyarakat  sekitar, dan sebagainya.

“Hantu” akibat luka dan duka itu kemudian dipelihara tanpa sadar, dan seolah menjadi sesuatu yang terus menggerayangi mahasiswa generasi selanjutnya. Dengan itu, setiap generasi mahasiswa baru diingatkan agar jangan sampai gagal.

Lalu, apa saja cerita hantu yang terkenal menggerayangi  mahasiswa-mahasiswi UI? Berdasar penelusuran dari berbagai sumber, inilah jenis-jenis hantu yang berkeliaran di kampus UI.

1. Hantu kereta malam

Sekitar tahun 1990, dikabarkan ada seorang mahasiswi UI sedang berjalan sendirian menyusuri rel kereta di malam hari, tanpa mengindahkan ada kereta yang melintas. Melihat ulah mahasiswi itu bisa membahayakan nasibnya, seorang petugas stasiun membawanya ke kantor stasiun.

Saat ditanya, ia mengaku merasa seolah sedang naik kereta. Di dalam kereta ada banyak manusia berwujud aneh, seperti mayat-mayat hidup. Ia sulit keluar dari kereta. Dan baru tersadar bisa keluar kereta, karena ditarik petugas stasiun.

Rupa-rupanya, mahasiswi itu memang sedang mengalami depresi hebat dengan berbagai persoalan hidup. Apakah karena depresi itu, ia diganggu oleh roh-roh halus?

2. Hantu kebaya merah

Konon, entah tahun berapa, ada seorang mahasiswa UI yang tewas karena kecelakaan, sesaat sebelum wisuda dilaksanakan. Saat meninggal, ia sedang dalam perjalanan menuju lokasi wisuda, lengkap dengan kostum kebaya merah.

Setelah kematiannya, konon banyak mahasiswa melihat sosok penampakan misterius di sekitar danau UI. Roh ini kadang mengganggu mahasiswa UI di sekitar kampus.

3. Hantu tanpa kaki di perpustakaan UI

Menjadi mahasiswa yang pandai tentu membanggakan. Ada sebagian mahasiswa yang terobsesi meraih perstasi akademis setinggi-tingginya. Ia belajar keras meraih nilai yang terbaik. Dan semua itu adalah segalanya.

Ia takut gagal. Ia menganggap prestasi akademis adalah penentu nasibnya di masa mendatang.

Pemikiran seperti itu tidak dilarang. Namun, bila ia kemudian lupa menjaga kesehatan dengan olah raga, mengatur jadwal belajar secara seimbang, maka bisa mendatangkan penyakit.

Dan hal ini, konon pernah dialami seorang mahasiswa yang sakit dan kemudian meninggal karena terlalu semangat belajar sehingga lupa makan dan mengurus tubuhnya. Sehari-hari menghabiskan waktunya di perpustakaan UI.

Sejak kematiannya, konon arwahnya sering menampakkan diri di dalam perpustakaan UI. Ia dijumpai sedang membaca di sudut ruangan. Tapi saat diperhatikan dengan seksama, ia ternyata tak memiliki kaki.

4. Hantu jemblongan

Jenis hantu yang satu ini, sebenarnya merupakan akibat dari kejadian kecelakaan kereta di sekitar rel kereta api UI. Konon, dahulu ada seorang mahasiswi yang meninggal karena tertabrak kereta.

Arwahnya kemudian sering mengganggu pengendara kendaraan bermotor. Ia terkadang mengganggu dengan sengaja membonceng di belakang supir atau pengendara sepeda motor yang melintasi kampus UI.

5. Hantu perempuan gantung diri

Dahulu dikabarkan ada seorang mahasiswi UI yang bunuh diri akibat depresi berat dengan cara gantung diri di gedung Rektorat UI.  Sejak kematiannya, banyak mahasiswa melihat penampakan sosok perempuan misterius di gedung itu.

Penampakan sosok misterius itu selalu dikaitkan-kaitkan dengan kejadian bunuh diri tersebut. Dan yang biasanya diganggu adalah para mahasiswa (laki-laki).   

Editor : Taat Ujianto
Sumber : dari berbagai sumber

Apa Reaksi Anda?