Selasa, 21 November 2017 | 11:30 WIB

  • News

  • Sisi Lain

Seramnya Tol Cipularang, dari Gunung Hejo hingga Penumpang Tambahan

Ilustrasi Tol Cipulang
Beritatrans
Ilustrasi Tol Cipulang

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Jika kita pergi ke Bandung, Jawa Barat, tentu kita akan memilih lewat Jalan Tol Cipularang. Selain karena jarak tempuh yang lebih pendek, tentunya juga dapat menghemat waktu, bila dibandingkan bila melalui jalur Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Namun, tahukah Anda bahwa banyak kisah misteri yang mungkin sebagian telah kita dengar mengenai jalan Tol Cipularang. Berikut ini adalah kisah atau cerita misteri seputar jalan Tol Cipularang

1. Petilasan Gunung Hejo
Masyarakat setempat percaya bahwa gunung yang terletak di Kecamatan Darangdan, Purwakarta, Jawa Barat itu, merupakan tempat petilasan atau bertapa Prabu Siliwangi, raja terkenal di Kerajaan Pajajaran.

Letak petilasan itu berada di Kilometer 96,2 Tol Cipularang, tepatnya di sebelah kiri arah Bandung menuju Jakarta. Untuk menuju ke kawasan Gunung Hejo orang bisa menaiki anak tangga yang ada di samping tol tersebut. Wujud petilasan menyerupai makam dengan batu terbungkus kain putih. Di batu itulah konon Prabu Siliwangi dulu sering bertapa.

Menurut penduduk setempat, baik sebelum dan sesudah Tol Cipularang dibangun, petilasan itu sering ramai dikunjungi peziarah. Mereka datang dari berbagai kota, seperti Jakarta, Bogor, Kerawang, Bandung, dan Jawa Tengah.

Beredar kabar saat pembangunan tol dimulai, pihak kontraktor berusaha menembus Gunung Hejo untuk dijadikan jalan tol. Namun, usaha itu gagal karena gunung tersebut tak bisa "dibelah" dengan alat berat.

Akhirnya, rute jalan tol di kawasan itu dibuat melingkar. Entah kebetulan atau tidak, banyak kecelakaan di Tol Cipularang yang memakan korban jiwa, terjadi di sekitar kawasan itu, yaitu antara kilometer 90 hingga 100.

Bahkan, berbagai penampakan makhluk gaib juga sering muncul di sekitar kawasan tersebut, sehingga memicu terjadinya kecelakaan.

2. Mobil Hantu
Beberapa orang percaya bahwa ada sebuah mobil hantu yang kerap kali menjadi teror para pengendara yang melintasi Tol Cipularang pada malam hari, terutama setelah Waduk Jatiluhur dari arah Bandung.

Ada seorang pria yang menuturkan bahwa dia harus kembali ke Jakarta melewati Cipularang saat malam hari dan dia mengambil jalur kanan, lalu tiba-tiba dari arah belakang ada mobil yang memberikan sorotan lampu jauh berulang-ulang.

Karena merasa mobil di belakangnya tak sabar, pria itu langsung memilih jalur kiri, namun rupanya mobil itu tetap mengikuti ke kiri di belakangnya dan terus memberikan sorotan lampu menyilaukan.

Merasa kesal, pria itu langsung mengintip mobil tersebut dari kaca spion tengah. Bersamaan dengan itu, dia tak menyadari di depannya ada sebuah truk gandeng besar.

Beruntung, pria itu langsung menginjak rem dan mobilnya berhenti. Namun betapa kagetnya dia saat melihat ke arah belakang, tidak ada mobil yang sejak tadi membuntutinya terus.

3. Jalur Iblis
Sebuah kisah dialami seorang musisi asal Bandung pada 1 Juni 2008 silam. Saat itu, dia bersama istrinya. Selain itu, di mobil itu juga ada temannya bersama istri dan anaknya. Mereka melakukan perjalanan dari Jakarta ke Bandung melalui Tol Cipularang.

Keanehan mulai terjadi saat memasuki KM64, tiba-tiba temannya mencium bau darah dan istri temannya meneriakkan bahwa ada kereta api berjalan di bagian kanan jalan. Padahal, seperti kita ketahui, di sekitar KM 64 tidak ada jalur kereta.

Sedetik setelah kejadian aneh itu, pria ini menyadari bahwa mobilnya sudah berada di jalur yang berlawanan. Sementara itu sebuah truk besar di depan dan di sampingnya membunyikan klakson kencang.

Beruntung bagi pria ini, karena dia berhasil menyeimbangkan kecepatan tepat di saat sebuah truk berada beberapa meter di depannya. Setelah berhasil menguasai diri, pria ini menyadari bahwa dia sudah berada di KM70, yang berarti hanya dalam beberapa detk dia sudah melompat sejauh 6 kilometer.

4. Ada Penumpang Tambahan
Beberapa orang yang tinggal di Bandung, banyak yang bekerja di Jakarta. Mereka sering melewati Tol Cipularang untuk mempersingkat jalur mereka. Namun perjalanan di Cipularang menjadi kisah menyeramkan yang dialami seorang wanita.

Di mana karena hari pertama kerja, wanita ini akhirnya memilih untuk naik mobil "travel". Mobil tersebut berangkat pukul 20.00 WIB dari Bandung ke Jakarta. Rupanya saat itu, mobil hanya berisi dia dan seorang sopir.

Ketika ada di Cipularang dan melintasi di wilayah Purwakarta, keanehan mulai terjadi saat sang sopir meminta wanita itu untuk banyak berdoa.

Tak hanya banyak berdoa, sang sopir "travel" juga meminta wanita ini untuk tidak menengok ke belakang dan jangan kaget.

Namun karena rasa penasaran yang begitu tinggi, wanita yang duduk di bangku bagian tengah itu melihat ke spion tengah. Betapa kagetnya dia karena di kursi paling belakang ada sosok wanita dengan wajah rusak.

Editor : Y.C Kurniantoro
Sumber : Berbagai sumber

Apa Reaksi Anda?