• News

  • Tekno

KKP Luncurkan Teknologi Mutakhir Pengelolaan Ruang Laut

KPP luncurkan aplikasi “SEANODE Geoportal RZWP-3-K” di  Rapat Koordinasi Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (RZWP-3-K).
istimewa
KPP luncurkan aplikasi “SEANODE Geoportal RZWP-3-K” di Rapat Koordinasi Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (RZWP-3-K).

JAKARTA, NNC - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) meluncurkan aplikasi “ SEANODE Geoportal RZWP-3-K” saat  Rapat Koordinasi Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (RZWP-3-K), Rabu (30/1/2019) di Bogor.

SEANODE merupakan inovasi berbasis teknologi yang dikembangkan oleh Kementerian Kelautan bekerjasama dengan USAID Sustainable Ecosystem Advance Project. SEANODE mampu menyediakan data ilmiah dan informasi yang akurat tentang perencanaan tata ruang laut di seluruh provinsi di Indonesia.

Portal online berbasis web ini sudah terintegrasi dengan sistem manajemen data dan informasi RZWP-3-K. SEANODE memberi kemudahan bagi pemangku kebijakan baik di pusat maupun daerah dalam mengetahui informasi peraturan daerah serta peta alokasi ruang laut secara online dan transparan sehingga mempercepat proses pengambilan keputusan sesuai arah kebijakan dan pembangunan tiap daerah.

Selain itu, pengembangan geoportal tata ruang laut ini, diharapkan mampu meminimalisir potensi konflik terkait pemanfaatan ruang laut dan kedepannya juga bisa dimanfaatkan untuk mitigasi tanggap bencana. Pemanfaatan geoportal secara optimal akan memberikan manfaat bagi pemerintah daerah dalam mengembangkan dan mempromosikan potensi daerah, sekaligus menjaga upaya konservasi perairan dan perikanan yang berkelanjutan.

"Pengembangan geoportal tata ruang laut ini, diharapkan juga mampu meminimalisir berbagai konflik terkait pemanfaatan ruang laut dan kedepannya juga bisa dimanfaatkan untuk mitigasi tanggap bencana. Pemanfaatan geoportal secara optimal akan memberikan manfaat bagi pemerintah daerah dalam mengembangkan dan mempromosikan potensi daerah, sekaligus menjaga upaya konservasi perairan dan perikanan yang berkelanjutan," jelas Brahmantya Satyamurti Poerwadi, Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut, Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Sistem SEANODE adalah platform resmi dari sistem geoportal perencanaan kelautan yang mendukung Kebijakan Satu Peta atau One Map Policy yang baru-baru ini dirilis oleh Presiden Indonesia Joko Widodo.

Editor : Wulandari Saptono

Apa Reaksi Anda?