Minggu, 18 Februari 2018 | 11:29 WIB

  • News

  • Rukun Suku Nusantara

Bulan Ini Toba GranFondo Digelar

Ilustrasi: Peserta bersepeda dalam Toba GranFondo ajang (sportourism.id)
Ilustrasi: Peserta bersepeda dalam Toba GranFondo ajang (sportourism.id)

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Untuk pertama kalinya Toba GranFondo, kegiatan bersepeda jarak jauh, akan dilaksanakan di Danau Toba pada 20-21 Agustus 2016. Ini adalah ajang non-kompetisi pengganti Audax yang akan membawa peserta bersepeda sejauh 200 kilometer melewati kota demi kota, kabupaten, lembah dan pedesaan di Sumatera Utara.

Titik start Toba GranFondo dimulai dari Kantor Gubernur Sumatera Utara di Kota Medan dan akan finish di Parapat, Simalungun. Jarak sejauh 200 kilometer tersebut akan melintasi Berastagi, Sibolangit, Kabanjahe, Simalem, Saribu Dolok, Tiga Runggu dan Simarjarunjung selama 2 hari 1 malam.

Setiap rute memiliki keunggulan masing-masing. Rute pertama yaitu Medan-Kabanjahe-Taman Simalem sangat menantang dengan jarak total 107 kilometer. Usai melewati rute yang sulit, di hari kedua pesepeda dimanjakan dengan rute sightseeingyang menawarkan pemandangan indah. Rute kedua ini dimulai dari Taman Simalem Resort-To View Point-Parapat dengan jarak total 87,7 kilometer. Bagi yang ingin melanjutkan perjalanan, terdapat extended rute Tomok-Simanindo pada 21 Agustus. Selama tiga hari tersebut, kurang lebih 200 peserta akan bersepeda pada ketinggian hingga 1.635 m dpl.

Kegiatan bersepeda tahunan melintasi Danau Toba. Toba GranFondo adalah tantangan bersepeda jarak panjang, non-kompetitif, melalui elevasi dan kondisi lintasan beragam. Dimulai dari kota Medan, ibukota dari Sumatera Utara dan kota terbesar ke tiga di Indonesia. Durasi 3 hari 2 malam tgl 19-21 Agustus 2016, menempuh jarak total ± 200 km dengan ketinggian mencapai 1.000 mdpl. Terbuka untuk semua usia dan semua jenis road bike, domestik dan internasional, maksimum peserta 300 peserta.

Rasakan sensasi bersepeda dengan track menyusuri tepi kaldera raksasa berikut nuansa pegunungan, pedesaan, dan sightseeing panoramic Danau Toba. Berbagai fasilitas telah dipersiapkan untuk memanjakan para cyclist Toba GranFondo 2016 meliputi penginapan, konsumsi, jersey, booth information, serta antar-jemput di Bandara Internasional Kualanamu di Medan untuk kemudahan akomodasi para pegowes.

Melewati rute outstanding yang ditempuh selama 2 hari perjalanan yang memiliki keunggulan masing-masing. Para cyclist juga akan disambut dengan acara welcome dinner di Medan sebagai pembuka acara dan ditutup dengan perayaan suksesi di Parapat sebagai puncak acara termasuk juga berbagai entertainment ditambah sejuknya suasana atmosfer Danau Toba.

Editor : Farida Denura
Sumber : www.tobagranfondo.com dan sportourism.id

Apa Reaksi Anda?