• News

  • Wisata

Gayo Alas Mountain International Festival, Kekuatan Budaya, Kopi dan Alam

Gayo Alas Mountain International Festival, kekuatan budaya, kopi dan alam.
Kemenpar
Gayo Alas Mountain International Festival, kekuatan budaya, kopi dan alam.

TAKENGON, NNC - Gayo Alas Mountain International Festival (GAMIFest) 2018 atau Festival Internasional Dataran Tinggi Gayo dan Alas akan digelar di empat wilayah kabupaten yaitu Kabupaten Bener Meriah, Aceh Tengah, Aceh Tenggara, dan Gayo Lues pada 14 September hingga 24 November 2018 mendatang.

GAMIFest akan menampilkan ragam tarian Dataran Tinggi Gayo Alas antara lain meliputi Tari Guel, Tari Saman, Tari Didong, Tari Bines dan penampilan atraksi seni menarik lainnya. Selain itu ditampilkan pula pentas Wonderful Gayo Alas, sport tourism, pameran, serta wisata kuliner salah satunya sajian coffee Gayo yang mendunia. Ini sesuai dengan tema yang diangkat dalam festival tahun ini yaitu ‘The Power of Nature (Budaya, Kopi dan Alam)’.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh Amiruddin, menjelaskan acara diawali dengan pembukaan GAMIFest 2018 yang berlangsung di Lapangan Musara Alun, Takengon, Kabupaten Aceh Tengah pada 14 September 2018. Acara pembukaan ini dimeriahkan dengan parade seni dan budaya, pameran, serta berbagai wisata petualangan. Kegiatan GAMIFest 2018 secara berurutan berlangsung di kabupaten Bener Meriah dan Aceh Tenggara kemudian akan ditutup di Gayo Lues dalam event peringatan Tari Saman se-Dunia pada 24 November 2018 mendatang.

“Pada acara penutupan akan dimeriahkan dengan penyelenggaraan festival budaya Saman di Kabupaten Gayo Lues," kata Amiruddin dalam siaran persnya, Kamis (13/09/2018).

Ia menambahkan selain itu diselenggarakan pula lokakarya dan workshop Tari Saman yang diikuti berbagai daerah di Indonesia dan negara sahabat. Seperti diketahui Tari Saman telah ditetapkan UNESCO sebagai budaya takbenda dunia yang  harus diperlihara dan dilestarikan.

GAMI Festival 2018 dimeriahkan dengan beragam atraksi antara lain Destination Photo Contest, Opening Ceremony, Tarian Massal, Pawai Budaya Gayo Alas, Pentas Wonderful Gayo Alas, Handicraft and Photo Expo, Coffee and Culinary Festival, Lomba Perahu Tradisional, Jet Ski Exhibition, Paramotor Show, Camping 100 Tenda, Festival Panen Kopi, Expedisi Burni Telong. Selain itu Takengon Rafting, Aceh Bike Cross Country, Gathering Pesona Indonesia, Pacu Kuda Tradisional, Aceh Trail Adventure, Festival Agara, Wisata Arung Jeuram, Pelatihan Pariwisata dan atraksi wisata menarik lainnya.

Editor : Sulha Handayani

Apa Reaksi Anda?