• News

  • Wisata

Menjadi Saksi Kemegahan Tebing Breksi, Objek Wisata Hits di Jogja

Obyek wisata Tebing Breksi
dok.paketwisatajogja
Obyek wisata Tebing Breksi

YOGYAKARTA, NNC -- Tebing Breksi adalah salah satu destinasi wisata kekinian yang sedang hits di Jogja. Banyak wisatawan datang ke tempat ini untuk melihat kemegahan tebing yang merupakan bekas penambangan bebatuan alam. Menjelang sore hari, Tebing Breksi biasanya ramai oleh para pengunjung. Sebagian besar aktivitas yang dilakukan adalah bersantai sambil memotret pemandangan sekitar.

MENUJU TEBING BREKSI

Taman Tebing Breksi terletak di daerah Gunung Sari, Sambirejo, Prambanan. Untuk menuju ke sana, Anda tentu harus mengetahui rute yang dilalui. Jika berangkat dari pusat kota Jogja, dibutuhkan waktu sekitar 30-40 menit untuk tiba di kawasan Prambanan, yaitu melalui Jalan Solo (Jl. Yogyakarta-Prambanan).

Selain menggunakan kendaraan sendiri, Anda juga bisa memanfaatkan transportasi umum Trans Jogja yang memiliki halte di sekitar Pasar Prambanan. Selanjutnya, dari Pasar Prambanan, arahkan kendaraan melewati Jl. Raya Piyungan-Prambanan. Sekitar 6 km, Anda akan tiba di Jl. Candi Ijo. Di kawasan inilah Tebing Breksi berada.

MENGAPA TEBING BREKSI MENARIK?   

Popularitas Tebing Breksi tidak perlu diragukan lagi. Dari foto-foto yang beredar di Instagram dan media lain di internet, kemegahan objek wisata ini telah direkam dari segala arah. Para pengunjung sangat kreatif mencari angle yang tepat sehingga Tebing Breksi tampak kokoh menjulang dan terlihat sangat megah.

Sebenarnya, daerah tempat objek wisata ini berada masih dalam kondisi yang hijau. Pepohonan yang rapat dan rimbun tampak menghiasi di sekelilingnya. Namun, yang menjadi pokok perhatian para pengunjung adalah sebuah bentuk bongkahan besar yang tampak dipahat dengan apik.

Konon, ketinggian Tebing Breksi mencapai 20 meter dari permukaan tanah. Itulah sebabnya, para wisatawan yang berada di puncak tebing dapat melihat panorama Jogja dengan leluasa. Untuk tiba di puncak, Anda harus mengikuti jalur tangga yang telah dibuat secara manual oleh pengelola.

Supaya semakin menarik, pahatan-pahatan unik dan artistik tampak di dinding tebing. Ini adalah pekerjaan para seniman yang ikut berpartisipasi menciptakan suasana yang eksotis di destinasi wisata andalan Jogja ini.

TIPS BERKUNJUNG KE BREKSI

Apa saja hal yang perlu Anda ketahui sebelum berkunjung ke Tebing Breksi? Ada beberapa tips yang bisa terapkan supaya perjalanan wisata semakin lancar.

Hindari berkunjung ke Tebing Breksi pada siang hari. Karena suasana di lokasi tanpa pelindung, cahaya matahari akan terasa sangat menyengat. Supaya Anda tidak merasa panas dan menjadi tidak nyaman selama berwisata, sebaiknya carilah waktu yang tepat. Anda bisa berkunjung pada pagi hari maupun sore hari menjelang matahari terbenam.

Persiapkan fisik yang fit. Anda perlu menaiki tangga yang cukup banyak untuk tiba di puncak Tebing Breksi. Akan sangat sia-sia jika perjalanan Anda hanya sampai di lokasi tanpa melihat apa yang disajikan alam di bagian puncak. Jadi, sebaiknya berkunjung pada saat kondisi tubuh sedang sehat dan siap untuk kegiatan fisik.

Bawalah perlengkapan pendukung, seperti kacamata, payung, atau alas kaki yang tepat. Dengan perlengkapan tersebut, Anda bisa lebih nyaman untuk menjelajah Tebing Breksi. Untuk berkunjung ke destinasi wisata ini, Anda tentu harus menyusun rencana terlebih dahulu.

Manfaatkan promo terbaik dari Airy untuk membeli tiket pesawat murah ke Yogyakarta. Tersedia pilihan maskapai yang beragam yang menyediakan tiket promo tergantung daerah tempat Anda berasal. Anda harus pintar-pintar mencari promo tiket pesawat Lion Air, Citilink, Garuda, Batik Air, dan lain-lain agar liburan menjadi lebih hemat.

Selain Tebing Breksi, Anda juga bisa menelusuri berbagai objek wisata kekinian yang sedang hits di Jogja. Jadi, selamat berlibur!

Editor : Tommy Satria Ismaya Cahya

Apa Reaksi Anda?